Find Us On Social Media :

Berapakah Harga Konsol Game PS5 dan Xbox Series X? Ini Prediksinya

By Adam Rizal, Kamis, 9 Juli 2020 | 09:00 WIB

Sony Playstation 5

Selama 15 tahun terakhir, game konsol keluaran terbaru umumnya dijual dengan harga resmi 60 dolar AS atau sekitar 864.000 rupiah.

Namun, harga tersebut nampaknya tak akan berlaku untuk game konsol PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X.

Analis industri game dari firma riset NPD Group, Mat Piscatella, mengatakan bahwa standar harga game untuk konsol generasi berikutnya akan mengalami kenaikan sebesar 10 dolar AS.

"70 dolar AS akan menjadi standar baru untuk harga game konsol generasi selanjutnya," tulis Mat melalui akun Twitter pribadinya.

Menurut Mat, indikasi kenaikan harga tersebut mulai terendus setelah studio game 2K mengumumkan harga untuk game NBA 2K21.

Game bergenre sport tersebut diketahui akan hadir di PS5 dan Xbox Series X dengan harga 70 dolar AS atau senilai 1 juta rupiah.

Sementara untuk konsol game saat ini, PS4 dan Xbox One, game NBA 2K21 ini tetap dibanderol dengan harga 60 dolar AS.

Alasan kenaikan harga game itu diduga terjadi akibat tingginya harga produksi untuk pembuatan game konsol generasi terbaru.

Sehingga, para penerbit dan pengembang game tak lagi dapat memasang harga standar 60 dolar AS untuk game PS5 dan Xbox Series X.

Perubahan harga game sendiri sebenarnya sudah menjadi hal yang umum terjadi pada industri video game. Kenaikan harga juga telah terjadi sejak PlayStation 3 (PS3) dan Xbox 360 diluncurkan.

Kala itu, harga game kedua konsol tersebut naik menjadi 60 dolar AS dari harga game PS2 dan Xbox yang dibanderol 50 dolar AS.

Selain menaikkan harga pokok, para pelaku industri video game pun sejak beberapa tahun belakangan sudah memutar otak untuk mendapat keuntungan lebih banyak.