Find Us On Social Media :

Hana Abriyansyah dan Kebanggaan Mencetak Talenta IT Security Baru

By Wisnu Nugroho, Jumat, 17 Juli 2020 | 09:05 WIB

Hana Abriyansyah (VP of Information Security Gojek)

Dengan posisi sebagai full stack engineer di TogetherWeServed.com (platform media sosial Militer AS), karir Hana Abriyansyah sebenarnya sudah mapan. Namun obrolan dengan Ryu Suliawan membuat Hana memutuskan untuk memulai petualangan baru di dunia startup

“Saya waktu itu tertarik dengan misinya,” kenang Hana ketika ditanya alasannya berani memulai karir baru. Ryu, yang kala itu baru saja menyelesaikan kuliah di Harvard Business School, berniat mendirikan perusahaan yang mendukung infrastruktur ekonomi digital di Indonesia. 

Hana pun kemudian menjadi karyawan generasi pertama di Midtrans (Veritrans Indonesia), layanan payment gateway yang didirikan oleh Ryu di tahun 2012. Midtrans kemudian menjadi pemain utama di ekosistem payment gateway Indonesia, yang menjadi alasan utama Gojek mengakuisisi Midtrans di tahun 2017.

Akuisisi itu pun membuat Hana menempati posisi yang strategis, yaitu VP of Information Security Gojek. “Tugas utama saya adalah memastikan keamanan sistem yang berkaitan dengan merchant dan payment sesuai dengan regulasi pemerintah maupun industri,” ungkap Hana menjelaskan tugasnya. 

Salah satu contoh produk yang menjadi tanggung jawab Hana adalah GoBiz, aplikasi payment acceptance untuk offline dan POS yang digunakan merchant GoFood. Hana dan tim juga bertanggung jawab atas keamanan pembayaran menggunakan kartu debit, kartu kredit, maupun bank transfer yang digunakan di ekosistem Gojek. 

Pendek kata, keamanan transaksi di ekosistem Gojek menjadi tanggung jawab pria yang hobi diving ini.

Utamakan Keamanan

Dengan lingkup kerja seperti itu, tanggung jawab Hana memang tidak kecil. Apalagi ekosistem bisnis Gojek melibatkan mitra usaha yang pemahaman tentang information security tidak seragam. Namun Hana mengaku beruntung karena manajemen Gojek menyadari pentingnya keamanan seluruh ekosistem. 

Hal ini terlihat dari program Aman Bersama Gojek yang melibatkan seluruh divisi di Gojek untuk meningkatkan keamanan data. “Contohnya tim marketing aktif melakukan program edukasi ke merchant untuk mendeteksi phising atau usaha fraud,” cerita Hana. 

Sementara tim information security Gojek yang dipimpin Hana terus berusaha meningkatkan keamanan pengguna maupun merchant dengan mengimplementasikan security control atau fraud detection systems. “Intinya security itu bukan cuma tanggung jawab tim information security, tapi tanggung jawab organisasi secara keseluruhan,” tambah Hana.