Find Us On Social Media :

Review Samsung Galaxy Tab S6 Lite: Eksistensi Komputer Tablet

By Dayu Akbar, Senin, 20 Juli 2020 | 09:00 WIB

Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Samsung masih konsisten menghadirkan komputer tablet yang dibuktikan dengan menghadirkan Galaxy Tab S6 Lite (SM-P615). Dari penamaannya bisa ditebak bahwa ini adalah versi minimalis dari seri Galaxy Tab S6 yang meluncur lebih dulu.

Dibanding Galaxy Tab S6 yang lebih ditujukan untuk produktivitas, seri ini tentu saja tidak memiliki fitur selengkap Tab S6. Seri Lite ini memang lebih cocok digunakan untuk aktivitas yang lebih ringan. Versi minimalis ini juga seakan sebagai penegasan Samsung dalam mempertahankan eksistensi komputer tablet Android murni yang saat ini bisa dibilang minim kompetitor.

S Pen dilengkapi dengan dua tombol fisik serta praktis digunakan.

Dari sisi dimensi dan desain, sangat sedikit perbedaannya dengan Tab S6. Untuk bodinya, versi Lite menggunakan bahan metal yang membuatnya terasa lebih berat dan kokoh. Dari sini sudah terasa aura premiumnya. Dengan dimensi layar 10,4 inci, komputer tablet ini punya ketebalan 7 mm saja, sedangkan bobotnya hanya 467 gr. Hal itu sedikit banyak agak menyulitkan saat mengoperasikannya dengan satu tangan, bahkan dua tangan. Penggunaan lebih nyaman memang dengan meletakkanya di satu tempat atau menggunakan penyangga tambahan.

Sebagai versi Lite, panel layarnya lebih sederhana dibanding Tab S6 yang menggunakan Super AMOLED. Versi Lite ini menggunakan panel LCD yang memiliki resolusi 2.000 x 1.200 piksel dan dikelilingi oleh bezel yang tipis yang membuat rasio layar terhasap bodinya mencapai 81,1%. Meski tidak sebagus panel Super AMOLED, tetapi tampilannya tidak mengecewakan. Layarnya masih nyaman dan tajam digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk menonton video dengan format tinggi. Sebagai penunjang untuk aktivitas menonton film, komputer tablet ini hadir dengan speaker ganda besutan AKG yang dilengkapi pula dengan teknologi Dolby Atmos 3D surround sound untuk kualitas suara lebih baik.

Slot kartu dilengkapi kompartemen yang kecil dan ringkas serta mendukung penggunaan sampai satu kartu SIM dan satu kartu micro-SD.

Tab S6 Lite memang tidak dilengkapi dengan fitur Samsung DeX sehingga Anda tidak bisa mengubah antarmuka ke mode desktop. Namun, jangan khawatir, Anda tetap bisa memanfaatkannya sebagai pengganti sementara laptop jika ingin mengetik tugas. Cukup dengan menambahkan kibor Bluetooth dan menambahkan aplikasi office yang bertebaran di Google Play. Agar lebih nyaman digunakan sebagai pengganti laptop, ada baiknya Anda menambahkan aksesori berupa book cover sebagai penyangga.

Meski mengusung nama Lite, komputer tablet ini sudah menyertakan S Pen dalam paket penjualannya. S Pen ini berguna untuk aktivitas yang lebih beragam. Dengannya Anda bisa membuat catatan sampai menggambar. Pada bodi S Pen terdapat dua tombol yang berguna untuk menjalankan fungsi tertentu, misalnya mengonversi catatan ke format lain seperti PDF, gambar JPEG, berkas teks, atau Microsoft Word. Bisa juga untuk memotong video dan mengubahnya ke format animasi bergerak (GIF). Tidak ketinggalan terdapat Air Command yang akan menampilkan shortcut untuk beberapa fungsi ataupun aplikasi pendukung.

Bukan untuk kebutuhan foto dengan resolusi tinggi, penggunaan kamera belakang juga ditujukan untuk produktivitas seperti memindai dokumen.