Find Us On Social Media :

Begini Tips Kelola Keuangan untuk UMKM di Masa Normal Baru

By Liana Threestayanti, Senin, 20 Juli 2020 | 18:00 WIB

Akademi Instagram membagikan lima hal penting yang perlu dilakukan para pelaku UMKM dalam mengelola keuangan bisnis maupun pribadi.

Akademi Instagram membagikan lima hal penting yang perlu dilakukan para pelaku UMKM dalam mengelola keuangan bisnis maupun pribadi.

Di tengah situasi normal baru pandemi COVID-19, mengelola keuangan, baik keuangan pribadi maupun bisnis, merupakan salah satu elemen penting untuk diterapkan di tengah situasi sekarang ini. 

Oleh karena itu sebagai bagian dari rangkaian LIVE Akademi Instagram, Pieter Lydian, Country Director untuk The Facebook Company di Indonesia, mengundang Independent Financial Advisor dan Chairman of Value Magazine Andhika Diskartes, untuk membahas tips mengelola keuangan bagi para pelaku UMKM yang ingin membangun atau baru menjalankan bisnis online di tengah situasi normal baru.

Baca juga: Dukung UMKM, Instagram Bagikan Cara Praktis Kembangkan Bisnis

Selama sesi Instagram LIVE berlangsung, Pieter dan Andhika membahas 5 poin utama yang harus diperhatikan para pelaku UMKM dalam mengelola keuangan bisnis mereka, seperti: 

1.Melakukan analisis korelasi antara kebutuhan pasar dengan kemampuan pribadi

Sebelum memulai sebuah bisnis, para calon pelaku UMKM harus melakukan analisis korelasi antara kebutuhan pasar dengan faktor-faktor internal yang mereka miliki. Faktor-faktor internal dapat meliputi modal, tenaga kerja, ketersediaan waktu, dsb. Salah satu kiat yang dapat dilakukan oleh para calon pelaku UMKM untuk mencari korelasi tersebut adalah dengan membuat daftar kebutuhan pasar dan faktor internal yang mereka miliki. Setelah itu, mereka dapat menentukan bisnis yang ingin mereka geluti sesuai dengan peluang pasar yang dapat mereka penuhi, tetapi memakan modal paling sedikit.

2.Memisahkan keuangan pribadi dan bisnis

Banyak pelaku UMKM yang sering menggabungkan keuangan pribadi dan bisnis mereka. Namun dalam berbisnis, ada baiknya jika pelaku UMKM memisahkan keuangan pribadi dan bisnis yang mereka jalankan. Tujuannya adalah memastikan pelaku UMKM tetap memiliki tabungan untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka sehari-hari, meskipun kondisi usaha yang baru mereka jalani belum stabil. 

3.Menentukan modal usaha

Modal merupakan "darah" bagi bisnis. Jumlah modal yang perlu dipersiapkan sebuah bisnis tergantung dari kemampuan masing-masing calon pelaku UMKM. Untuk itu, sebelum memulai sebuah bisnis, para calon pelaku UMKM perlu melakukan perhitungan akan kesiapan modal yang mereka miliki, dan modal yang disiapkan ini setidaknya harus mampu menghidupi bisnis hingga enam bulan ke depan. Untuk menentukan jumlah modal ini, para calon pelaku UMKM dapat membuat perhitungan sederhana untuk menilai modal yang dibutuhkan untuk setiap produk, serta memperkirakan jumlah produk yang kira-kira akan terjual setiap bulannya. Dengan demikian, mereka akan dapat menentukan modal yang diperlukan dalam jangka waktu enam bulan ke depan. 

4.Melakukan pinjaman modal

Salah satu cara yang dapat dilakukan bisnis untuk menambah modal usaha adalah dengan melakukan pinjaman modal. Akan tetapi, sebelum melakukan pinjaman modal, para pelaku UMKM perlu memahami cara kerja pinjaman modal yang ditawarkan dan membuat perhitungan terkait kesiapan bisnis dalam melakukan pinjaman modal tersebut. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan pelaku UMKM dalam menentukan kesiapan bisnis mereka adalah dengan memahami perhitungan pengembalian pinjaman sekaligus bunga yang akan dikenakan kepada mereka setiap bulannya. Kemudian, para pelaku UMKM  dapat menghitung arus kas mereka dalam jangka waktu enam hingga tujuh bulan ke depan untuk menilai apakah bisnis mereka mampu membayar nominal pinjaman beserta bunganya tersebut.