Find Us On Social Media :

Exabytes: Jumlah Signup Domain & Hosting UKM Naik 95 Persen

By Liana Threestayanti, Senin, 20 Juli 2020 | 21:00 WIB

Exabytes mencatat adanya peningkatan jumlah signup user untuk produk UKM, seperti domain dan hosting UMKM, sebesar 95% di bulan April hingga Juni.

Exabytes mencatat adanya peningkatan jumlah signup user untuk produk UKM, seperti domain dan hosting UMKM, sebesar 95% di bulan April hingga Juni.

Pandemi COVID-19 memang memberikan dampak yang luar biasa selama beberapa bulan terakhir. Situasi ini membuat semua aspek kehidupan masyarakat di Indonesia berubah drastis dan sangat memengaruhi kondisi ekonomi di tanah air. Beberapa dampak yang dirasakan, seperti pemutusan hubungan kerja hingga beberapa sektor yang menurun drastis termasuk UMKM.

Menurut prediksi dari Organisation of Economics Co-operation and Development (OECD) yang dirilis Juni 2020, sebanyak 50 persen dari UMKM di Indonesia bisa gulung tikar di September mendatang. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pun mendorong para UMKM untuk beralih ke online daripada mengandalkan bisnis offline karena 87 persen UMKM belum melakukan digitalisasi. Sekarang baru ada 8 juta UMKM atau 13 persen yang berbisnis digital.

Namun ada kabar baik yang cukup memberikan angin sejuk kepada para pelaku UMKM. E-commerce mengalami peningkatan cukup signifikan, yakni sebesar 26 persen selama pandemi. Menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo bahwa penjualan di E-commerce pun naik diikuti dengan konsumen baru meningkat sebesar 51 persen dan permintaan melonjak 5-10 kali lipat.

Data tersebut memperlihatkan adanya perubahan perilaku konsumen, di mana konsumen cenderung berbelanja daring terutama di masa PSBB saat ini. Konsumen pun merasa terdesak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama bahan makanan dan keperluan rumah tangga. Masyarakat dibatasi untuk keluar rumah demi mengurangi penyebaran virus. Alhasil solusinya adalah dengan berbelanja online. Oleh karena itu, para pelaku usaha pun melihat sebuah peluang sehingga mereka beralih ke digital. Momen ini pun dimanfaatkan untuk berubah digitalisasi.

Peningkatan Signifikan Signup User

Hal ini terbukti dari data yang dipaparkan oleh Exabytes Indonesia, perusahaan penyedia hosting di Indonesia. Dalam Webinar SME DigitalFest yang disiarkan hari Sabtu (18/7) lalu, Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia menjelaskan bahwa terdapat kenaikan 23% untuk pembelian domain .ID selama PSBB berlangsung di bulan April hingga Juni 2020. Domain .ID adalah domain khusus negara Indonesia atau country code top level domain (ccTLD) yang sangat populer untuk menunjukkan identitas website Indonesia. Mayoritas domain .ID dan .CO.ID adalah domain populer yang biasa digunakan untuk mengembangkan bisnis. 

Dan yang terpenting adalah adanya peningkatan jumlah signup user untuk produk UKM seperti domain dan hosting UMKM. Data tercatat adanya peningkatan sebesar 95% di bulan April hingga Juni dibandingkan periode di tahun sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa UMKM mulai sadar bahwa sekarang perilaku konsumen berubah untuk belanja daring sehingga mereka harus melakukan transformasi dari konvensional ke online agar dapat mempertahankan bisnis yang dimiliki. Masa pandemi pun dijadikan momentum untuk go digital oleh para UMKM.

“Ini merupakan peningkatan cukup signifikan yang terjadi saat PSBB mulai diberlakukan. Hal ini membuktikan bahwa masa pandemi menjadi peluang untuk digitalisasi khususnya para UMKM. Dengan go digital, bisnis pun bisa mengikuti perkembangan, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga roda perekonomian terus bergerak,” imbuh Indra Hartawan.

Indra juga menambahkan bahwa selama pandemi kegiatan offline pun diubah menjadi online. Termasuk oleh kelas, seminar dan event dialihkan menjadi webinar online. Tercatat total lebih dari 1900 peserta menghadiri rangkaian webinar Exabytes dan merupakan angka tertinggi daripada event offline yang dilaksanakan sebelumnya. 

Banyak peserta yang mengikuti webinar Exabytes yang umumnya membahas tentang bisnis online, tren bisnis selama new normal, strategi marketing hingga digital marketing agar bisa bertahan di kondisi yang sulit ditebak. Tema webinar yang dipilih pun disesuaikan dengan kebutuhan yang diperuntukkan khususnya untuk para pelaku UMKM dan bisnis agar dapat mengembangkan usahanya sekaligus memaksimalkan bisnisnya untuk go digital.

Dengan visi “Grow Business Online”, Exabytes Indonesia senantiasa untuk terus menerus berinovasi mendorong dan membantu para UMKM agar bisa melakukan perubahan ke digital demi memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat serta mempertahankan bisnis usaha terutama UMKM.