Find Us On Social Media :

Lewat Program Ini, Mitra Gojek Bisa Ajukan Pinjaman Berbunga Rendah

By Rafki Fachrizal, Selasa, 21 Juli 2020 | 19:45 WIB

Ilustrasi kantor Gojek

Gojek Indonesia mengumumkan bahwa perusahaan terpilih menjadi salah satu mitra Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan pemerintah untuk menyalurkan pinjaman/pembiayaan UMKM melalui program DigiKU (Digital Kredit untuk UMKM).

DigiKU merupakan program yang diluncurkan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI bersama dengan Himbara serta didukung pelaku ekosistem digital, seperti Gojek.

Shinto Nugroho selaku Chief Public Policy and Government Relations Gojek, mengatakan bahwa lewat program ini nantinya para mitra driver (GoRide dan GoCar) dan merchant UMKM GoFood berkesempatan untuk mendapatkan akses pembiayaan dengan fasilitas bunga rendah dari anggota Himbara.

“Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra kami, sehingga fasilitas pinjaman bunga ringan ini akan membantu meringankan beban keuangan mereka. Khususnya bagi UMKM, fasilitas yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha sekaligus menangkap kesempatan baru,” jelas Shinto.

Dalam program ini sendiri, Gojek sudah bekerja sama dengan BRI, salah satu bank Himbara, untuk menyediakan akses fasilitas pinjaman bunga ringan kepada mitra UMKM.

Adapun sebagai mitra dalam program DigiKu, Gojek juga akan menyediakan informasi bagi Himbara dan pemerintah untuk mendukung penyaluran kredit yang tepat bagi UMKM.

Ini mengingat salah satu tantangan yang dihadapi dalam penyaluran kredit pada UMKM adalah keterbatasan data transaksional dan kesehatan usaha mereka serta aset untuk dijaminkan.

Melalui skema gotong-royong yang ada dalam program DigiKU, Gojek membantu Himbara untuk dapat mengetahui mana UMKM yang tepat untuk memperoleh bantuan pembiayaan.

Baca Juga: Gojek Luncurkan GoService, Layanan untuk Urus Pajak dan Administrasi Kendaraan

Upaya Gojek dalam membantu UMKM di tengah pandemi COVID-19 juga dilakukan melalui solusi komprehensif yang memanfaatkan teknologi dan non-teknologi.

"Solusi yang Gojek tawarkan seperti pembinaan untuk pengelolaan usaha yang efisien, pelatihan wirausaha, serta promosi yang berkelanjutan akan membantu UMKM supaya usahanya terus bergerak," papar Shinto.

Sebelumnya, Gojek dan Bank BRI telah mengumumkan bahwa program pinjaman bunga ringan memasuki masa tahap awal.

Di mana pada tahap ini Bank BRI telah menawarkan fasilitas pinjaman tersebut ke sejumlah mitra GoRide dan GoCar yang berdomisili di area Jabodetabek dan telah melalui pre-screening terlebih dahulu.