Find Us On Social Media :

Lima Tips untuk Perluas Bisnis Kelontong Online di Masa New Normal

By Rafki Fachrizal, Sabtu, 1 Agustus 2020 | 18:15 WIB

Ilustrasi Toko di Platform Digital

Tidak dapat dipungkiri bahwa krisis Covid-19 telah mendorong lonjakan tren belanja bahan pangan secara daring (online) di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, tren belanja online di kalangan masyarakat Indonesia sebagian besar terbatas pada keperluan pakaian dan gadget, tetapi sekarang permintaan telah meluas untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat Indonesia, khususnya di kota besar, telah secara aktif membeli makanan berikut bahan makanan secara online sejak adanya wabah pandemi untuk menghindari risiko kontak fisik dan pengiriman tepat secara tepat waktu di depan pintu mereka.

Dalam survei terbarunya, perusahaan konsultan McKinsey & Co menemukan bahwa konsumen Indonesia berencana untuk berbelanja online lebih sering untuk sebagian besar kategori, terutama bahan makanan yang termasuk dalam kebutuhan pokok rumah tangga.

Laporan ini terbukti tepat karena infrastruktur teknologi dan logistik di Indonesia telah mengalami peningkatan pesat dalam beberapa tahun terakhir dan COVID mendorong tren ini selangkah lebih maju.

Memanfaatkan tren ini, Sarah Humaira, VP and Head of Marketing, Zilingo mengatakan bahwa Zilingo melalui solusi Zilingo Trade dapat memberi arahan kepada bisnis di bidang FMCG dan Online Grocery untuk membantu mereka memasarkan produk dengan lebih baik.

“Sebagai penyedia solusi bisnis satu atap, Zilingo Trade telah membantu menyediakan akses ke merek dan bisnis untuk membantu mereka berkembang lebih baik, khususnya di tengah kenormalan baru,” terang Sarah.

Baca Juga: Tanpa Aplikasi GMS, Huawei Bisa Kalahkan Samsung Jadi Nomor 1 di Dunia

Lebih lanjut, Sarah membagikan beberapa kiat utama untuk para pelaku bisnis kelontong online untuk mengembangkan bisnisnya dalam menghadapi permintaan konsumen di masa new normal, yang di antaranya:

1. Pikat Pelanggan Baru dan Pertahankan Pelanggan yang Ada dengan Promo

Salah satu profil pelanggan yang secara aktif terlibat dalam belanja bahan makanan secara online adalah ibu rumah tangga - dan mereka sangat tertarik dengan promosi yang ada.

Bahkan, salah satu daya tarik utama belanja bahan makanan online untuk ibu rumah tangga Indonesia selain permintaan akan produk berkualitas adalah kreativitas promosi yang ditawarkan, seperti pengiriman gratis, paket bundling, dan diskon.

"Jika bisnis Anda menjual makanan dan minuman online, jangan lupa sesekali memberikan promosi yang menarik untuk memikat pelanggan setia Anda ke toko Anda," cetus Sarah.