Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Cek Spesifikasi Komputer dan Laptop Windows 10

By Adam Rizal, Selasa, 4 Agustus 2020 | 15:00 WIB

Sistem Operasi Windows 10X Dirancang untuk Laptop Layar Ganda

Sama seperti smartphone, spesifikasi komputer (PC) atau laptop merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh pemiliknya.

Sebab, ketika pengguna laptop atau komputer ingin memasang suatu aplikasi, biasanya ada spesifikasi minimum yang harus dipenuhi agar aplikasi berjalan lancar.

Informasi spesifikasi juga berguna ketika Anda hendak meningkatkan (upgrade) salah satu komponen di komputer, misalnya RAM atau media penyimpanan (storage).

Mengapa? Karena pengguna perlu tahu apa jenis memori dan storage yang didukung oleh sistem.

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengecek spesifikasi sebuah laptop atau komputer, khususnya yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10.

Berikut ini adalah cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop dengan OS Windows 10 tanpa aplikasi tambahan, sebagaimana dirangkum WindowsCentral.

Baca Juga: Begini Cara Microsoft Selesaikan Masalah Chrome yang Rakus Memori

1. About Your PC

Cara pertama yang paling mudah adalah lewat fitur "About your PC". Untuk mengaksesnya, Anda cukup mengetikkan kata kunci (keyword) "About your PC" di menu Start dan tekan tombol Enter.

Beberapa saat kemudian, Anda akan disodori dengan halaman yang menampilkan sejumlah spesifikasi inti dari komputer tersebut. Bagian "Device specifications" merangkum mencantumkan sejumlah spesifikasi inti komputer.

Beberapa di antaranya seperti model dan nama komputer, prosesor, RAM, jenis sistem, dan lain sebagainya. Pengguna pun bisa mengubah nama komputer dengan meng-klik tombol "Rename this PC". Sementara bagian "Windows specification" merangkum versi OS yang terpasang di komputer, berikut versi dan tanggal pemasangannya.

2. System Information