Find Us On Social Media :

Lakukan Transformasi Digital, PT Gunung Raja Paksi Gandeng IBM dan SAP

By Liana Threestayanti, Kamis, 6 Agustus 2020 | 10:30 WIB

Lakukan transformasi digital, PT Gunung Raja Paksi Tbk. menggandeng dua raksasa global di bidang teknologi informasi: IBM dan SAP. Proyek ini bernilai investasi sekitar Rp65 miliar dan akan berlangsung secara bertahap selama lima tahun ke depan.

Dengan proyek ini, PT Gunung Raja Paksi Tbk. (GRP) akan melakukan transformasi bisnis secara total. “Transformasi teknologi ini untuk mempermudah interaksi yang lebih efektif, efisien dan transparan dalam proses supply chain dan pelanggan,” jelas Pjs. Presiden Direktur GRP, AGW Sangkaeng, seusai penandatanganan kerja sama dengan IBM Indonesia dan SAP Indonesia di Jakarta kemarin.

Implementasi proyek ini diperkirakan akan berjalan dalam kurun waktu 9 hingga 11 bulan ke depan yang nantinya dapat dirasakan penuh pemanfaatannya oleh GRP. Pengadopsian teknologi ini diharapkan dapat terus membantu pertumbuhan bisnis GRP sebagai produsen baja swasta terbesar di Indonesia, dan mendorong industri baja di Indonesia.

Sangkaeng memaparkan bahwa transformasi digital di GRP melibatkan IBM Services melalui solusi IBM IMPACT Solutions for Mill Product & Mining. Solusi ini menggunakan SAP S/4HANA Business Process Hierarchy dan memuat proses bisnis khusus untuk industri pengolahan baja dan pertambangan. Selain itu IBM juga menggunakan pendekatan agile dengan menerapkan IBM Ascend Methodology.

“Kami percaya, transformasi merupakan salah satu cara dalam meningkatkan giat hasil bisnis di Indonesia, agar memberikan dampak baik dan kontribusi yang lebih besar bagi industri baja di Indonesia. Kami akan terus melakukan berbagai perubahan untuk mempertahankan posisi kami sebagai produsen baja kelas dunia dan sebagai yang terdepan di industri ini,” ujar AGW Sangkaeng.

PT GRP merupakan anak perusahaan Gunung Steel Group. Pada awal berdiri pada 1970 di Medan, perusahaan ini hanya merupakan bengkel baja dan akhirnya berkembang menjadi produsen baja nasional. Pada 1991, PT GRP bertransformasi menjadi perusahaan professional dan masuk bursa saham. Saat ini, dengan pabrik lebih dari 200 hektare di Cikarang Barat, GRP memproduksi 2,800,000 baja berkualitas tinggi di bawah sertifikasi lokal dan internasional.

Perusahaan Baja Kelas Dunia dan Intelligent Enterprise

Tan Wijaya, Presiden Direktur IBM Indonesia, mengungkapkan rasa bangganya dapat bekerja sama dan mendukung PT GRP mewujudkan aspirasinya untuk menjadi perusahaan baja kelas dunia.

“IBM IMPACT Solutions for Mill Products and Mining adalah pilihan yang tepat dalam memenuhi persyaratan perusahaan untuk bisa berinteraksi lebih baik dengan para pelanggan dimana seluruh proses dari penjualan hingga pengantaran bisa diberikan dengan lebih transparan. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang optimal dalam membantu pelanggan kami bertransformasi dan memperkuat usahanya,” jelas Tan Wijaya.

IBM sendiri, merupakan perusahaan terdepan untuk solusi cognitive dan cloud platform berkantor pusat di Armonk, New York, Amerika Serikat yang mengedepankan kekuatan inovasi, data dan keahlian dalam meningkatkan bisnis dan kehidupan masyarakat.

Sementara, Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro juga menegaskan, pemanfaatan SAP S/4HANA yang secara terintegrasi tidak perlu diragukan lagi dan akan mempersingkat pendataan.

“Kami senang melihat banyak perusahaan hari ini menyadari mendesak dan pentingnya transformasi menjadi perusahaan yang siap di era digital. Salah satunya Gunung Raja Paksi yang telah memutuskan untuk memulai transformasi digital dengan SAP dan IBM. Dengan memilih SAP S/4 HANA Sebagai platform ERP, Gunung Raja Paksi telah memulai langkahnya untuk menjadi intelligent enterprise dalam mengoptimalkan operasi pabrik, manajemen keuangan, perencanaan bisnis, dan manajemen sumber daya manusia yang akan berdampak positif bagi nilai perusahaan, kepuasan pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya," kata Andreas Diantoro.