Find Us On Social Media :

Review OPPO A92: Suksesor OPPO A9 2020 yang Tampil Lebih Segar

By Dayu Akbar, Sabtu, 8 Agustus 2020 | 20:15 WIB

OPPO A92

Setelah A9 2020 meluncur pada bulan September 2019, OPPO belum lama ini meluncurkan suksesor atau penerusnya, yaitu A92. Perbedaan paling mendasar antara kedua smartphone tersebut bisa dilihat dari sisi desain yang lebih segar. Di antaranya kamera swafoto yang kali ini menggunakan desain punch hole, serta desain kamera belakang yang juga berbeda.

OPPO A92 sendiri pertama kali hadir pada bulan Mei 2020 dengan dua pilihan warna Twilight Black dan Shining White. Namun, berselang sebulan, OPPO menghadirkan pilihan warna baru yaitu Aurora Purple yang kami uji kali ini. Kombinasi dari perpaduan antara warna ungu, hijau, dan bening itu memiliki nuansa kekinian dan tidak kaku seperti dua warna sebelumnya, meski hal ini sebenarnya lebih perihal selera masing-masing.

Salah satu perubahan desain dibanding seri A9 2020 adalah penempatan kamera swafoto dalam area layar atau yang dikenal dengan desain punch hole.

Dengan lapisan glossy pada bodi belakangnya, warna Aurora Purple menghasilkan kilauan yang menarik dan keren ketika dimiringkan dan terkena pantulan cahaya. Hanya saja lapisan tersebut rentan kotor oleh sidik jari atau tangan berminyak. Alhasil, OPPO menyertakan jelly case bening pada paketnya.

Pada bagian layar, OPPO A92 memiliki layar 6,5 inci dengan resolusi 2.400 x 1.080 piksel (20:9) atau FHD+. Untuk desainnya, masih tidak berbeda dengan smartphone terkini, di antaranya bezel tipis dengan sudut melengkung di tiap sisinya. Ketipisan yang dimiliki membuat rasio layar terhadap bodi mencapai 83,4%. Tipisnya bezel itu berlaku pada tiap sisi karena OPPO menempatkan kamera swafoto dalam area layar sehingga bezel sisi atas bisa tampil maksimal. Layarnya sudah terlindungi Gorilla Glass 3, tetapi OPPO masih menambahkan screen protector untuk lebih melindungi layar dari goresan.

Di bagian belakang terpasang empat kamera dan flash dalam satu frame dengan fisik frame menonjol sehingga agak mengganjal saat posisi terlentang.