Find Us On Social Media :

Lawan TikTok, Begini Cara Gunakan Aplikasi Terbaru Instagram Reels

By Adam Rizal, Selasa, 11 Agustus 2020 | 15:30 WIB

Instagram Reels

Instagram akhirnya meluncurkan fitur baru yang disebut Reels. Fitur ini disiapkan untuk bersaing dengan TikTok. Nah, untuk mengetahui lebih banyak mengenai fitur ini, berikut kami akan membagikan cara menggunakan Instagram Reels.

Fitur baru Reels memungkinkan pengguna Instagram untuk merekam, mengedit dan mempublikasikan video singkat berdurasi sekitar 15 detik. Anda juga bisa menambahkan efek, filter dan juga audio tambahan.

Ini mungkin terlihat mirip dengan fitur Instagram Stories tetapi sebenarnya ada banyak perbedaan diantara keduanya. Apa saja ya kira-kira?

Reels menawarkan berbagai macam alat pengeditan, termasuk efek AR, kontrol kecepatan untuk mempercepat atau memperlambat audio dan video, dan kemampuan untuk menyelaraskan beberapa klip untuk transisi yang lebih lancar.

Reel dapat dibagikan ke feed Instagram, sehingga orang yang tidak mengikuti Anda juga dapat melihatnya. Jika Anda menyertakan audio asli yang Anda buat, audio Anda akan dikaitkan dengan Anda, dan pengguna lain dapat memasukkannya ke dalam Reels mereka sendiri.

Pada dasarnya, Reels sangat mirip dengan TikTok, hanya dibangun kembali di dalam Instagram. Ini tidak terlalu jauh berbeda seperti saat Instagram meluncurkan Stories, yang pada dasarnya menduplikasi banyak fungsi Snapchat.

Baca Juga: Tak Hanya di AS, Microsoft Bakal Akuisisi TikTok di Seluruh Dunia

Cara Menggunakan Instagram Reels

Untuk membuka fitur Reels, buka kamera yang ada di aplikasi Instagram seperti Anda akan menggunakan Stories. Pilih Reels di bagian opsi fitur yang ada di bawah.

Anda akan menemukan tools untuk melakukan pengeditan di sisi kiri layar. Gunakan tombol rekam untuk membuat klip video atau rangkaian klip video sekaligus.

Bilah di bagian atas layar akan menunjukkan berapa banyak video berdurasi 15 detik yang telah Anda buat. Tap panah di bagian bawah saat video yang Anda buat telah siap diterbitkan.

Kemudian Anda memiliki opsi untuk menambahkan teks, memilih cover gambar, menambah hashtag, dan membagikan video Anda ke Reels. Reels akan muncul di laman Explore dan terseimpan di tab yang ada di laman profil Anda. Mirip dengan konten dari IGTV.