Find Us On Social Media :

Startup OYO Hotels Rambah Bisnis di Luar Akomodasi Lewat Kopi Cinta

By Rafki Fachrizal, Selasa, 11 Agustus 2020 | 16:45 WIB

Ilustrasi Gerai Kopi CInta

Startup asal India yang bergerak di bisnis jaringan hotel, OYO Hotels and Homes, kini mulai memperluas bisnisnya di Indonesia dengan merambah bisnis baru di bidang F&B, yaitu lewat peluncuran brand kopi bernama ‘Kopi Cinta’.

Eko Bramantyo (Country Head Emerging Business, OYO Indonesia), mengatakan bahwa di tengah pandemi ini, sebagai pelaku industri pihaknya senantiasa dituntut untuk semakin inovatif, baik dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang mengalami perubahan, maupun dari sisi strategi bisnis.

“Kami di OYO melihat bahwa budaya ngopi di seluruh Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Selain itu, terdapat peningkatan permintaan akan produk F&B dari para tamu dari hotel-hotel kami di berbagai wilayah Indonesia. Berangkat dari kondisi ini, OYO berinisiatif untuk memanfaatkan peluang dengan menghadirkan lini bisnis baru, yang juga kami harapkan dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi para mitra yang tertarik untuk membuka gerai Kopi Cinta ini,” papar Eko.

Kembali dijelaskan Eko, produk-produk minuman Kopi Cinta dibuat dengan menggunakan teknologi mesin kopi kapsul otomatis guna memastikan kualitas dan konsistensi minuman kopi yang disediakan.

Baca Juga: Pengguna GoPay Kini Bisa Tarik Tunai Saldo di ATM BCA, Begini Caranya

Selain itu, Kopi Cinta juga menggandeng Primo Coffee sebagai partner strategis dalam pembuatan standar operasional, menyediakan pelatihan barista, serta pengadaan alat dan suplai bahan baku.

Untuk menjangkau konsumen di luar tamu hotel-hotel OYO, Kopi Cinta juga menggandeng Go-food dan Grabfood untuk layanan pesan-antar secara daring bagi masyarakat yang ingin memesan Kopi Cinta tanpa harus datang ke lokasi gerai.

Saat ini, sebanyak 30 gerai Kopi Cinta telah tersedia di hotel-hotel OYO yang dioperasikan langsung oleh OYO (Self-Operated Business/SOB).

Ke depannya, OYO akan terus menambah gerai Kopi Cinta di seluruh jaringan hotelnya. OYO juga membuka kesempatan bagi para mitra-mitra hotel OYO yang ada untuk bergabung dan membuka gerai Kopi Cinta di hotel mereka dengan biaya investasi awal mulai Rp3 juta (mesin dan starter pack), tanpa membutuhkan ruang ataupun staf tambahan.

“Di tengah pandemi ini, kami terus berupaya agar bisnis mitra hotel kami tetap dapat berjalan. Kini, melalui inovasi bisnis terbaru ini, kami menawarkan kesempatan yang memungkinkan para mitra untuk mendapatkan pemasukan tambahan, di luar dari akomodasi,” pungkas Eko Bramantyo.

Baca Juga: Strategi OYO, RedDoorz, dan, Bobobox Bertahan di Pandemi Corona