Find Us On Social Media :

Inilah Mengapa Samsung Menggunakan Exynos 990 Untuk Galaxy Note20 Series

By Administrator, Kamis, 13 Agustus 2020 | 11:15 WIB

Samsung Galaxy Note20

Ada alasan tersendiri mengapa Samsung memilih prosesor buatan mereka, Exynos 990, untuk menjadi “mesin” Galaxy Note20 Series.

Sebagai phablet flagship Samsung terbaru, Galaxy Note20 Series menawarkan berbagai peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Salah satunya adalah performa, yang membuat Galaxy Note20 dapat melayani kegiatan serius maupun santai penggunanya.

Samsung Galaxy Note20 Series sendiri menggunakan prosesor buatan Samsung sendiri, yaitu Exynos 990. Untuk Galaxy Note20 “polos”, tersedia dua varian spesifikasi yaitu 8 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB. Sedangkan untuk Galaxy Note20 Ultra, dua variannya adalah RAM 8 GB/256 GB dan 8 GB/512 GB.

Kapasitas baterainya juga berbeda. Versi Note20 reguler memiliki kapasitas 4.300 mAh, sementra versi Ultra memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh. Galaxy Note20 menjalankan software Android 10 yang ditemani antarmuka Intuitive One UI. Ada tiga warna yang tersedia, yakni Mystic Green, Mystic Gray, dan Mystic Bronze. Info lebih lengkapnya bisa Anda lihat di (http://www.galaxylaunchpack.com). 

Untuk Semua Kebutuhan

Kunci kekuatan performa Galaxy Note20 Series tentunya terletak pada chipset Exynos 990. Chipset ini memiliki tiga klaster prosesor, yaitu custom CPU generasi 5 buatan Samsung sebagai prosesor utama. Prosesor ini diklaim memberikan peningkatan performa sebesar 20% dibanding generasi sebelumnya, Prosesor utama ini ditemani prosesor pendamping Cortex-A76 dual core dan Cortex-A55 quad core untuk memberikan keseimbangan antara performa dan konsumsi daya. 

Selain itu, Exynos 990 mendukung kecepatan data memori LPDDR5 hingga 5.500 Megabit per detik (Mb/s). Penggunaan memori LPDDR5 ini memberikan bandwidth memory yang lebih cepat dibanding LPDDR4x yang digunakan Note10. Kemampuan itu memungkinkan Galaxy Note20 memproses data lebih efisien untuk komunikasi 5G, aplikasi AI, serta game yang menuntut grafis dan video resolusi sangat tinggi.

Bicara gaming, kemampuan chipset Exynos 990 cukup mumpuni dalam menjalankan game seluler. Hal ini berkat penggunaan GPU Arm Mali-G77 MP11, yang menawarkan pemrosesan grafis 3D terbaik untuk pengalaman gaming yang realistis dan mendalam.

Exynos 990 juga mendukung efisiensi daya hingga 20 persen berbekal arsitektur GPU yang baru. Pengalaman gaming juga diperkuat dengan kombinasikan CPU dan LPDDR5 yang kuat. Dengan begitu, tercipta pengalaman bermain game yang mulus.

Optimasi AI

Prosesor smartphone masa kini tidak cuma harus cepat, namun juga cerdas. Hal ini karena teknologi Artificial Intelligence (AI) banyak diimplementasikan di aplikasi Android modern. Karena itulah, prosesor smartphone kini biasanya memiliki prosesor khusus untuk memproses teknologi AI, yang biasa disebut dengan NPU (Neural Processing Unit) dan Digital Signal Processor (DSP).

Begitu pula Exynos 990 yang menyertakan NPU dual core dan DSP yang lebih disempurnakan dari generasi sebelumnya. Kombinasi itu memungkinkan prosesor Galaxy NoteS20 Ultra melakukan perhitungan sampai 15 trilion operations per second (TOPs). Dengan begitu, perangkat mampu mendukung pemrosesan AI maupun instruksi AI menjadi lebih cepat.

Kecerdasan prosesor Exynos 990 memungkinkan peningkatan kemampuan kamera Samsung Galaxy Note20 Series.