Find Us On Social Media :

Wireless DeX dan Galaxy Note20 Series, Perpaduan Dahsyat untuk Mendukung Produktivitas Pengguna

By Administrator, Jumat, 14 Agustus 2020 | 10:15 WIB

Ilustrasi menghubungkan Samsung Galaxy Note20 dengan Samsung DeX

Bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy Note20 Series, Samsung memperkenalkan fitur keren Wireless DeX. Inilah contoh perpaduan dahsyat Note20 dan Wireless DeX.

Saat ini smartphone tidak sekedar digunakan untuk berselancar di sosial media, mengabadikan momen berharga dengan kamera, atau bermain gim untuk mengisi waktu luang.

Lebih dari itu, smartphone telah dimanfaatkan banyak orang untuk mendukung produktivitas harian mereka, seperti membuat catatan penting, mengerjakan dokumen, melakukan presentasi, sampai mengikuti virtual meeting.

Meski kemampuan smartphone masa kini sudah mirip seperti komputer biasa, ada banyak skenario ketika pengguna butuh bekerja dengan layar yang lebih lebar. 

Hal inilah yang dijawab Samsung melalui teknologi Samsung DeX ( yang merupakan akronim dari Desktop Experience). Dikutip dari situs resmi Samsung, “Samsung DeX memungkinkan pengguna smartphone Samsung (seri tertentu) untuk mengubah smartphone mereka menjadi komputer dan menggunakannya untuk menelusuri Galaxy Desktop.”

Intinya, Samsung DeX akan menjadikan smartphone Samsung sebagai pusat komputasi  dengan antarmuka seperti komputer biasa. Caranya cukup dengan menghubungkan smartphone Samsung ke monitor eksternal dan mouse/keyboard.

Perjalanan Samsung DeX

Awal kemunculan fitur Samsung DeX sendiri dimulai pada tahun 2017. Kala itu, fitur ini membutuhkan aksesoris docking yang disebut DeX Station atau DeX Pad. Aksesoris ini dilengkapi dengan port USB 2.0, USB Type C, ethernet dan HDMI 2.0.

Tahun berikutnya, Samsung kembali mengeluarkan inovasi baru terkait fitur ini dengan menghadirkan DeX HDMI, aksesoris yang ukurannya jauh lebih ringkas.

Beberapa waktu kemudian, bersamaan dengan diluncurkannya Galaxy Note10 dan Note10+, Samsung mengumumkan DeX for PC. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone mereka ke laptop atau PC dengan OS (sistem operasi) Windows atau Mac yang kompatibel dengan cukup menggunakan kabel USB Type C.

Dan kini, bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra minggu lalu (http://www.galaxylaunchpack.com/), Samsung pun meluncurkan inovasi terbaru: Wireless DeX. 

Melalui teknologi baru ini, Galaxy Note20 dan Note20 Ultra dapat langsung terkoneksi ke laptop, PC atau smart TV secara wireless alias tanpa kabel. Dengan begitu, pengguna Galaxy Note20 Series tak perlu repot memikirkan aksesoris (seperti kabel) jika ingin bekerja di monitor berukuran lebih besar.

Ilsutrasi Presentasi Menggunakan Samsung DeX