Find Us On Social Media :

Startup di Bidang SaaS Anchanto Raih Pendanaan Seri C Senilai $16.6 juta

By Rafki Fachrizal, Jumat, 14 Agustus 2020 | 16:15 WIB

Vaibhav Dabhade (CEO dan Pendiri Anchanto)

Startup Anchanto mengumumkan telah dapatkan pendanaan baru sebagai bagian dari putaran pendanaan Seri C yang masih berjalan, dengan total pendanaan yang diterima hingga saat ini senilai $16.6 juta (dolar Singapura).

Anchanto sendiri merupakan startup asal Singapura yang bergerak di bidang SaaS (Software-as-a-Service) dengan spesialisasi teknologi untuk bisnis e-commerce.

Pendanaan yang berhasil dikumpulkan tersebut diperoleh dari dua investor, yakni Asendia, perusahaan joint-venture dari the French National Post La Poste (Perancis) dan State-run Swiss Post (Swiss), serta MDI Ventures, corporate venture arm dari Telkom Indonesia.

Dengan dana segar itu, Anchanto berencana menggunakannya untuk memperkuat portofolio riset dan pengembangan (R&D) untuk meluncurkan produk baru, membangun platform data dan melakukan ekspansi ke tiga pasar baru.

Selain itu, perusahaan juga akan berinvestasi pada SDM guna meningkatkan kinerja dan mempercepat peluncuran produk barunya ke pasar.

"Memperoleh profitabilitas di saat-saat sulit seperti sekarang merupakan kinerja yang luar biasa; Saya merasa ini adalah pencapaian yang signifikan karena berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar US$12 juta di tengah krisis COVID-19,” ujar Vaibhav Dabhade (CEO dan Pendiri Anchanto).

Putaran pendanaan kali ini juga menandai dimulainya kemitraan Anchanto dengan Asendia AG, perusahaan raksasa pengiriman e-Commerce lintas batas dan layanan surat asal Eropa, sebagai pemegang saham baru.

Asendia AG merupakan pelanggan keempat yang menjadi pemegang saham setelah MDI Ventures, Transcosmos Jepang dan Luxasia.

Baca Juga: Anchanto Tawarkan Kemudahan Pengelolaan Bisnis E-Commerce On The Go

Selain itu. Marc Pontet (CEO Asendia) dan Donald Wihardja (CEO MDI Ventures) juga diinformasikan akan bergabung ke dalam jajaran manajemen Anchanto.

“Di era digitalisasi ini, kebutuhan berbagai perusahaan retail dan brand untuk beroperasi secara tidak dapat dihindari lagi, terutama dengan adanya pandemi saat ini, di mana pergeseran penjualan ke ranah online semakin tidak dapat dihindari. Platform Anchanto berada pada posisi yang tepat di tengah kondisi “New Normal” untuk membantu mengatasi masalah yang banyak dihadapi perusahaan di Indonesia serta perusahaan-perusahaan lain di seluruh dunia. Kami juga senang menyambut mitra baru kami, Asendia, yang akan membantu menghadirkan solusi kelas enterprise Anchanto ke pasar Asia Tenggara dan seluruh dunia.” Kata Donald Wihardja (CEO MDI Ventures).

Tahun lalu, platform Anchanto telah membantu merampingkan operasi e-commerce pada lebih dari 12.000 bisnis dan penjual di lebih dari 300 perusahaan global.

Pelanggan Anchanto mengelola lebih dari 67 juta unit penyimpanan stok (Stock Keeping Units/SKU) dan lebih dari 115 juta daftar (listing), dan telah memproses gabungan Nilai Barang Dagangan Bruto (Gross Merchandise Value/GMV) senilai hampir US$2.71 miliar.