Find Us On Social Media :

Perbandingan Spesifikasi Galaxy Note 20 Ultra Dibanding Note 10 Plus

By Adam Rizal, Minggu, 16 Agustus 2020 | 17:00 WIB

Galaxy Note 20 Ultra vs Galaxy Note 10 Plus

Galaxy Note 20 series menjadi salah satu smartphone yang ditunggu-tunggu pada tahun 2020 ini. Betapa tidak, bocoran spesifikasi dan desainnya sudah bertebaran di internet jauh-jauh hari sebelum peluncuran.

Galaxy Note 20 series memang membawa sejumlah peningakatan fitur dibanding Galaxy Note 10 series yang diluncurkan Samsung tahun lalu.

Perbedaan yang cukup mencolok, terdapat pada seri teratasnya, yakni Galaxy Note 20 Ultra. Bukan hanya fitur, Samsung juga merombak desain Galaxy Note 20.

Lantas, apa saja perbedaan Galaxy Note 20 Ultra dan Galaxy Note 10 Plus? Perlukah pemilik Galaxy Note 10 Plus upgrade ke Galaxy Note 20 Ultra?

1. Layar

Perubahan fisik adalah yang paling bisa dilihat pertama kali. Layar Galaxy Note 20 Ultra lebih bongsor ketimbang Galaxy Note 10. Sebenarnya, selisih bentang layarnya hanya 0,1 inci.

Galaxy Note 20 Ultra memiliki diagonal layar 6,9 inci sementara Note 10 Plus 6,8 inci. Keduanya memiliki dilapisi jenis layar yang sama yakni Dynamic AMOLED dengan resolusi WQHD Plus (3.096 x 1.444 piksel).

Akan tetapi, Galaxy Note 20 Ultra memiliki refresh rate 120 Hz, lebih tinggi dibanding Galaxy Note 10 Plus yang memiliki refresh rate 60 Hz, sebagaimana model Galaxy Note 20 reguler.

Selain itu, Samsung juga menanamkan teknologi baru di layar AMOLED Note 20 Ultra, bernama hybrid oxide and polycrystalline silicon (HOP). Teknologi ini berfungsi mengurangi konsumsi daya layar OLED sebesar 15-20 persen dibanding teknologi low-temperature polycrystalline silicon (LTPS) TFT dan oxide TFT.

Galaxy Note 20 Ultra juga telah dilindungi Corning Gorilla Glass Victus yang diklaim lebih tangguh dibanding seri Corning Gorilla yang sudah ada selama ini. Kendati demikian, kedua ponsel mengantongi sertifikat IP68 untuk melindungi layar dari air dan debu.

2. Desain bodi

Tombol daya yang juga berfungsi untuk tombol pemanggil Bixby beserta tombol volume terletak di sisi kiri ponsel. Lalu di bagian bawah, berjajar port USB C, speaker, dan S Pen yang diurutkan dari kiri ke kanan.