Find Us On Social Media :

Lupakan Kirim SMS, Kini Xiaomi Kembangkan Aplikasi 5G Messages

By Adam Rizal, Jumat, 21 Agustus 2020 | 09:30 WIB

Ericsson tegaskan pentingnya kualitas jaringan seluler untuk operator telekomunikasi seluler, apalagi pada era 5G.

Berkomunikasi dengan teman atau keluarga sebelum adanya WhatsApp dan pesan instan yang lain, ada SMS. SMS atau Short Message Service digunakan pengguna hanya dengan bermodalkan pulsa.

Bahkan pada masa itu, provider berikan paket SMS yang puas untuk penggunanya. Namun, penggunaan SMS sepertinya akan menurun pada smartphone Xiaomi.

Beberapa bulan yang lalu, terdapat informasi bahwa fitur SMS native akan digantikan oleh 5G Messages yang lebih canggih.

Menurut laporan terbaru, opsi 5G Messages sekarang sudah tersedia di beberapa ponsel Xiaomi.

Jika pengguna mengaktifkan opsi ini, ini akan memberi tahu pengguna bahwa pesan teks akan tiba melalui WLAN atau jaringan seluler secara default.

Layanan 5G Messages adalah peningkatan dari SMS. Untuk pengguna individu dapat dialihkan ke 5G Messages bila melanggar batas panjang setiap pesan di SMS.

Fitur ini juga mendukung berbagai format media, termasuk teks, gambar, audio, video, emotikon, dan kontak. Mendukung pesan online dan pesan offline, dan dapat memberi pengguna laporan status pesan dan manajemen riwayat.

5G Messages akan menangani terlepas dari panjang atau ukuran multimedia. Fitur ini juga dapat berinteraksi dengan penyedia layanan melalui chatbot langsung di antarmuka SMS.

Pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk memilah layanan seperti membeli tiket, memeriksa logistik, serta membayar tagihan. Selain itu, 5G Messages menghadirkan mode interaksi baru manusia dengan komputer.

Di halaman yang sama, pengguna dapat menyelesaikan pengalaman layanan satu atap seperti pencarian layanan, penemuan, interaksi, dan pembayaran.

Menurut informasi yang kami miliki, 5G Messages akan otomatis aktif secara default jika ponsel kompatibel dengan fitur tersebut.

Namun jika tidak aktif, pengguna dapat mengaktifkannya melalui pengaturan di antarmuka SMS. Harap dicatat bahwa koneksi jaringan juga harus di bawah jaringan 4G atau 5G agar fitur perpesanan baru ini berfungsi.