Find Us On Social Media :

Cara Warnai Objek di Foto Hitam-Putih dengan Software Adobe Photoshop

By Rafki Fachrizal, Jumat, 21 Agustus 2020 | 15:45 WIB

Teknik Editing Foto Bernama Color Pop Effect

Ada banyak teknik editing foto yang sering kali digunakan para fotografer untuk mempercantik hasil jepretan foto yang telah ditangkapnya. Saat ini, salah satu teknik yang tengah populer yaitu color pop effect.

Singkatnya, ini merupakan teknik editing foto yang di mana background dibiarkan berwarna hitam-putih sedangkan objeknya diberikan warna.

Pada dasarnya, teknik ini dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan software editing foto seperti Adobe Photoshop.

Nah, bagi yang penasaran ingin tahu cara menggunakan teknik color pop effect, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Buka foto di Adobe Photoshop

Pilih foto hitam-putih yang Anda miliki, atau Anda bisa mengedit foto berwarna menjadi hitam putih terlebih dahulu. Buka foto dengan Photoshop agar Anda dapat langsung masuk dan mewarnainya. 

2. Gunakan "Quick Selection Tool," Pilih Background

Agar lebih mudah, gunakan "Quick Selection Tool" untuk memisahkan Background dari objek gambar.

Anda bisa menggunakan tombol 'W' pada keyboard atau arahkan ke menu Photoshop untuk memilih "Quick Selection Tool".

Apabila tool ini secara tidak sengaja memilih area yang tidak ingin Anda pilih, maka Anda bisa membatalkan pilihan area tertentu dengan memencet tombol Alt (Windows).

Tahapan ini mungkin akan memakan waktu beberapa menit, karena Anda perlu memeriksa secara teliti bagian mana saja yang ingin diwarnai.

Baca Juga: Daftar 10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Vlogger Smartphone

3. Buat Layer Warna Solid Baru dari Hasil Pilihan Gambar