Find Us On Social Media :

Video, Apa Jadinya Jika Samsung Galaxy Note 20 Ultra Disayat Pisau?

By Adam Rizal, Senin, 24 Agustus 2020 | 11:30 WIB

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Samsung Galaxy Note 20 Ultra menawarkan beberapa keunggulan spesifikasi terutama di sektor layar.

Galaxy Note 20 Ultra pun menjadi perangkat pertama di dunia yang memiliki kaca pelapis dan pelindung layar Gorilla Glass Victus.

Bagaimana ketahanan kaca tersebut terhadap goresan?

Untuk mengetahui jawabannya, YouTuber Zack Nelson di kanal JerryRigEverything menguji ketangguhan Galaxy Note 20 Ultra.

Zack "menyiksa" layar menggunakan beberapa benda tajam yang terbuat dari jenis logam berbeda.

Aneka logam yang dipakai untuk menggores layar Galaxy Note 20 Ultra memiliki tingkat kekerasan berbeda menurut skala Mohs Scale of Hardness, dari tingkat 2 hingga 7.

Di tahap awal, yakni uji gores layar dengan pisau, Galaxy Note 20 Ultra lolos kualifikasi. Layar berbentang 6,9 inci itu baru tergores saat menghadapi benda tajam dengan skala kekerasan 6 dan 7 (Mohs).

Zack juga mengkategorikan tiga jenis lapisan kaca berdasarkan level uji ketahanan layar Galaxy Note 20 Ultra terhadap goresan. Lapisan layar dibagi dalam tiga kategori yaitu Plastic (Level 2,3,4), Glass (Level 5,6,7), dan Sapphire (Level 8 dan 9).

"Jika layarnya dilapisi dengan gorilla glass victus, harusnya layar akan mulai tergores pada level 8 atau 9," ujar Zack dalam videonya.

Sebagai informasi, Gorilla Glass Victus melapis bagian depan dan belakang Galaxy Note 20 Ultra.

Victus juga disebut dua kali lebih tahan terhadap goresan dibandingkan Gorilla Glass 6, serta empat kali lebih tangguh dibanding kaca berbahan aluminosilicate lain bikinan kompetitor.

Untuk pemakaian sehari-hari, lapisan proteksi layar ini dirancang untuk menahan benturan jika gadget jatuh dari ketinggian hingga 2 meter ke permukaan benda yang kasar dan tidak rata, misalnya seperti aspal.