Find Us On Social Media :

Review Shure AONIC 50: Headset Noise-cancelling Nirkabel yang Premium

By Dayu Akbar, Selasa, 25 Agustus 2020 | 10:00 WIB

Shure AONIC 50

Sebelumnya Shure dikenal sebagai produsen perangkat audio yang ditujukan untuk profesional dan sudah banyak digunakan oleh musisi dunia. Salah satu produk yang paling dikenal dari merek asal Amerika Serikat ini adalah mikrofon. Tidak heran jika Adam Lavine, vokalis Maroon 5, menjadi brand ambassador Shure.

Kali ini Shure menghadirkan headset nirkabel yang menyasar pasar pengguna umum melalui AONIC 50. Salah satu fitur unggulan dari headset ini adalah fitur peredeman kebisingan atau noise cancellation aktif yang berguna untuk meredam suara sekitar. Tujuannya tentu agar pengguna lebih fokus pada suara yang dihasilkan dari headset noise-cancelling tersebut. Untuk AONIC 50, Shure secara rinci menyebutkan fiturnya dengan istilah Adjustable Noise Cancellation yang artinya peredaman kebisingan aktifnya bisa diatur atau disesuaikan. Hal itu bisa dilakukan melalui bantuan aplikasi ShurePlus Play yang tersedia untuk smartphone berbasis Android maupun iOS.

Kotak Shure AONIC 50 hadir dengan ukuran besar dan di dalamnya terdapat pula pouch hitam untuk penyimpanan agar memudahkan Shure AONIC 50 dibawa bepergian.

Untuk mengaktifkan peredeman kebisingan aktifnya, Anda bisa melakukannya dengan memindahkan saklar yang ada di sisi kanan earcup. Saklar ini terdiri dari tiga mode, yaitu Environment, Neutral. dan Active Noise Cancellation. Fungsi dari ketiga mode itu disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya, mode Environment berguna saat pengguna sedang berkendara, di jalan, atau di keramaian, sehingga masih tetap bisa waspada dengan lingkungan sekitar. Mode ini menyediakan pilihan manual untuk pengaturan, mulai dari tingkat yang paling hening sampai paling bising dari suara lingkungan sekitar. Pengaturan bisa dilakukan saat headset terhubung secara nirkabel ke smartphone melalui aplikasi ShurePlus Play.

Mode Neutral berfungsi layaknya headset standar tanpa fitur peredeman kebisingan aktif. Pada mode ini pengguna masih bisa mendengar suara sekitar dalam batas yang wajar. Sementara, mode satunya, Active Noise Cancellation akan memblokir semua suara. Bahkan, Anda tidak akan mendengar suara sekitar dengan frekuensi rendah seperti suara pendingin ruangan. Hal itu tentu akan memberikan kepuasan mendengarkan audio secara jernih dan detail tanpa gangguan. Dari aplikasi ShurePlus Play, pengguna akan menemukan dua pilihan pada mode ini, yaitu Normal dan Max; pilihan Max mampu membuat telinga seakan-akan tuli dari lingkungan sekitar.

Berbagai tombol ditempatkan di sisi pinggir earcup sebelah kanan agar mudah dijangkau menggunakan tangan kanan.