Find Us On Social Media :

Seagate Exos & Nytro Dengan Arsitektur Data Modular Hadir di Indonesia

By Liana Threestayanti, Jumat, 28 Agustus 2020 | 15:45 WIB

Seagate Technology plc (Seagate) meluncurkan sistem Exos dan Nytro dengan arsitektur data modular di Indonesia.

Seagate Technology plc (Seagate) meluncurkan sistem Exos dan Nytro dengan arsitektur data modular di Indonesia. 

Peluncuran ini sekaligus memperkenalkan pendekatan modular untuk membangun dan menerapkan sistem penyimpanan yang memenuhi kebutuhan penyedia public dan private cloud, penyedia layanan, serta data center tradisional secara spesifik. 

Datasphere global diproyeksikan tumbuh dari 4 zettabyte pada 2019 menjadi 175 zettabyte pada tahun 2025. Mau tak mau, pelaku bisnis pun harus menghadapi tantangan di area data berupa peningkatan kebutuhan penyimpanan dan pemrosesan data akibat pesatnya pertumbuhan sumber data maupun volume data. 

Di sisi lain, saat ini perusahaan harus terus berinovasi demi kelangsungan bisnis. Namun inovasi dalam satu organisasi tidak bisa berjalan secara terpisah-pisah (silo). Kesuksesan inovasi membutuhkan data dari setiap aktivitas dan proses bisnis di dalam organisasi.

Bagaimana agar data yang dihasilkan oleh sistem enterprise berskala besar hingga perangkat personal dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, serta selalu tersedia bagi user kapan saja dan di mana saja?

Untuk mengatasi kompleksitas ini, ditambah lagi dengan upaya memastikan kelanjutan pengolahan data di tengah kondisi IT 4.0 seperti sekarang, dibutuhkan arsitektur multi-tier yang menghubungkan Cloud, Edge, Internet of Things (IoT), serta pusat data enterprise tradisional.

Desain sistem Exos dan Nytro menghadirkan fleksibilitas modular yang menggabungkan hard disk drive Exos dan Nytro dalam satu kerangka atau enclosure. Dengan demikian, perancang atau arsitek IT dan juga pengelola pusat data bisa dengan mudah membangun arsitektur serba guna yang dirancang untuk berkembang. 

Seluruh komponen pada sistem ini, termasuk enclosure, controller, firmware, serta drive, dirancang oleh Seagate untuk bekerja sama tanpa hambatan. 

Selain itu, komponen pentingnya pun mudah diganti atau interchangable, terlepas dari seberapa besar yang dibutuhkan pelaku bisnis maupun ketersediaan anggaran untuk penyelenggaraannya.

“Kami senang dapat memperkenalkan sistem Exos dan Nytro di Indonesia untuk melayani pasar IT 4.0 yang sedang berkembang, serta pelanggan Cloud dan pusat data tradisional,” ungkap Angeline Gan, Head of ASEAN Sales, Seagate. “Besar harapan kami para pelanggan dan mitra kami bisa menggunakan teknologi ini untuk memberdayakan bisnis mereka. Melalui produk-produk modular yang memberikan banyak manfaat dan kegunaan, para pelanggan dapat menikmati pengalaman pengguna yang lebih sederhana sambil memenuhi kebutuhan bisnis mereka yang beragam," imbuh Angeline.

Sistem Exos® Seagate

Sistem penyimpanan Exos Seagate menyediakan pusat data terbesar pada datasphere. Menggabungkan hard drive Exos berkapasitas tinggi dengan enclosure yang dapat digunakan hingga 106 perangkat, sistem penyimpanan ini dapat dimuati data  hingga 1.7 PB (petabyte) hanya dalam ruang rak 4U. Seagate menyatakan sistem ini akan memberikan kapasitas dan kepadatan pertama yang unggul dalam industri ini tanpa mengurangi kecepatan akses data. Dengan kapasitas bandwidth maksimum sebesar 36GB/menit, para pengguna dapat mengakses data dan arsip penting bisnis mereka secara cepat.

Seagate menyarankan enclosure ini untuk kebutuhan storage dengan persyaratan retensi data tinggi yang diperkirakan akan terus berkembang. Penempatan drive yang inovatif pada sistem penyimpanan ini juga memaksimalkan aliran udara dan mengurangi konsumsi daya yang ada. Berkat keunikan fitur kinerja, efisiensi dan skalabilitas, sistem penyimpanan ini menawarkan total biaya kepemilikan atau TCO yang rendah. Modular baru pada sistem ini, berikut desain yang berfokus pada pengguna, meminimalkan waktu henti sistem atau downtime, dan dilengkapi dengan operator drive tanpa perkakas tambahan yang memungkinkan administrator untuk memasukan drive pada 106 bays dalam hitungan menit.