Find Us On Social Media :

Xiaomi Kembangkan Kamera yang Tersembunyi di Bawah Layar Hape

By Adam Rizal, Selasa, 1 September 2020 | 09:00 WIB

Xiaomi

Xiaomi mengembangkan teknologi kamera yang tersembunyi atau terletak di bawah layar ponsel. Xiaomi sendiri akan memproduksi secara massal perangkat tersebut pada 2021.

Sebagai informasi, teknologi itu merupakan generasi ketiga dari teknologi yang dikembangkan Xiaomi.

Sebelumnya, Xiaomi telah mengembangkan teknologi kamera tersembunyi versi pertama dan kedua meski belum diproduksi secara massal untuk perangkat konsumen.

Dalam video yang dirilis Xiaomi, perusahaan teknologi asal China itu memamerkan teknologi kamera bawah layar dengan layar pada punch hole yang lebih tradisional seperti dikutip The Verge.

Menurut Xiaomi, versi terbaru dari teknologi tersebut bekerja dengan memungkinkan kamera swafoto menangkap gambar melalui celah di sub-piksel layar, yaitu titik merah, hijau dan biru yang membentuk setiap piksel.

Xiaomi mengatakan bahwa area tampilan di atas kamera memiliki kepadatan piksel yang sama dengan bagian layar lainnya, sehingga dapat "menyamarkan" kamera swafoto di bawahnya dengan sempurna.

Xiaomi menambahkan bahwa kamera swafoto itu sendiri sesuai dengan performa kamera depan.

Meskipun dikatakan bahwa area layar di atas kamera sesuai dengan "kecerahan, gamut warna dan akurasi warna" dari tampilan lainnya, unggahan Xiaomi tidak menyebutkan apakah panel tersebut OLED atau LCD.

Xiaomi

Terlepas dari klaim Xiaomi bahwa kamera swafoto disamarkan dengan sempurna, masih tampak bayangan persegi kecil yang terlihat di belakang layar dalam video promosi pada detik ke- 00:29.

Gambar tersebut diunggah ke Twitter oleh akun Ice Universe yang menunjukkan perubahan warna bulat pada layar, meskipun sangat samar, di tempat kamera swafoto berada.

Sejumlah produsen ponsel pintar telah merilis cuplikan teknologi kamera di bawah layar, namun sejauh ini teknologi mereka belum dikomersialkan.