Find Us On Social Media :

Catat! 4 Tips Mengoptimalkan NFC Multifunction pada vivo X50 Series

By Indah PM, Rabu, 9 September 2020 | 09:00 WIB

Fitur NFC Multifunction pada vivo X50 Series

Selain kamera yang mumpuni untuk fotografi profesional, vivo X50 Series juga memiliki fitur NFC (Near Field Communication) Multifunctions.

Kerennya lagi, fitur ini lebih dari sekadar teknologi NFC biasa. Fitur NFC Multifunctions pada vivo X50 Series merupakan pengembangan dari teknologi standar NFC yang sebelumnya, yang hanya dapat membaca kartu.

NFC dikembangkan dari teknologi radio frequency identification (RFID), yaitu sistem identifikasi microchip, yang kemudian dikembangkan vivo menjadi fitur NFC Multifunctions pada vivo X50 Series.

Fitur ini dilengkapi cip multifungsi yang terintegrasi. NFC Multifunctions dapat berfungsi untuk membaca, mengelola, dan menyimpan fungsi dari berbagai jenis kartu yang dapat dimanfaatkan sebagai alat transfer data, aplikasi, dokumen secara lebih cepat; mempermudah isi ulang uang elektronik; dan dapat dijadikan sebagai kartu akses selama enkripsi kartu mengizinkan.

Hadie Mandala (Product Manager, vivo Indonesia) menuturkan, vivo mengadopsi fungsi teknologi NFC yang sudah dikenal masyarakat dan mengembangkannya ke level selanjutnya.

Selain itu, teknologi NFC sendiri sudah memiliki sertifikasi khusus untuk melakukan pengunduhan data melalui TSM (Trusted Service Manager), sehingga melindungi semua data yang dimiliki oleh konsumen.

Karena hanya dapat aktif dalam jarak dekat serta durasi pengiriman yang cepat, gelombang elektromagnetik dari NFC juga tak akan terganggu oleh gelombang lain, sehingga data-data tidak mudah bocor dan tetap aman.

Jika dibandingkan dengan teknologi Bluetooth, cara kerja fitur NFC Multifunctions tidak perlu dipasangkan secara manual. NFC dapat diaktifkan secara otomatis selama kedua perangkat saling berdekatan sampai jarak 4 cm.

Berikut ini empat tips untuk mengoptimalkan NFC Multifunctions di vivo X50 Series:

1. Bertukar Data dan Informasi Lebih Cepat

NFC dapat mempermudah pengguna saat ingin bertukar nomor kontak tanpa harus mengetik nomor tersebut atau mengirimkannya melalui aplikasi instant messaging. Cukup akses ‘kontak’, pilih kontak yang ingin ditransfer, lalu dekatkan kedua smartphone. Saat keluar arahan ‘touch to beam’, pengguna cukup mengetuk layarnya, dan kontak pun telah tersimpan dalam buku kontak penerima. Selain itu, dengan cara yang sama pengguna juga dapat bertukar foto, dokumen, bahkan gim favorit dengan mudah.

2. Menyimpan Kartu Akses

Saat ini kita seringkali disibukkan dengan penggunaan kartu akses yang beragam. Melalui cip khusus yang disematkan, NFC Multifunctions dapat difungsikan sebagai sistem identifikasi alternatif untuk penyimpanan kunci yang aman, dengan catatan enkripsi kartu akses mengizinkan.