Find Us On Social Media :

Intip Kemegahan Kantor Baru Google Seluas 16 Hektar yang Futuristik

By Adam Rizal, Selasa, 8 September 2020 | 13:00 WIB

Kantor baru Google

Raksasa teknologi Google meminta karyawannya bekerja dari rumah (work from home/WFH) hingga Juli 202,1 karena pandemi Covid-19.

Namun, hal tersebut tak menghalangi rencana perusahaan yang dipimpin oleh Sundar Pichai itu untuk membuat kampus atau markas baru, yang sudah selayaknya kota kecil.

Selain kompleks perkantoran, Google juga akan melengkapi kampus barunya itu dengan fasilitas-fasilitas publik seperti pertokoan, tempat rekreasi, alun-alun, dan lain sebagainya, yang sarat akan nuansa hijau.

Desain masterplan itu tertuang dalam sebuah proposal bertajuk "Middlefield Park Master Plan". Begini kira-kira ilustrasinya.

Rencananya, kampus Google ini bakal memakan sebagian besar wilayah komplek markas Google yang disebut memiliki luas sekitar 16 hektar, bukan dibangun di atas tanah atau kawasan baru.

Dari 16 hektar, sekitar 12,3 hektar bakal dipakai untuk kawasan perkantoran yang memiliki sekitar 1.850 unit perumahan.

Kawasan ini terhubung dengan stasiun LRT Middlefield, Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) untuk memudahkan akses transportasi.

Kemudian, Google bakal menyiapkan sekitar 0,27 hektar dan 0,18 hektar yang masing-masing akan dipakai untuk kawasan ritel dan tempat untuk menggelar acara umum. Sedangkan, sekitar 4,8 hektar akan disiapkan untuk ruangan terbuka.

Baca Juga: Apple dan Google Kembangkan Perkakas Aplikasi Pelacak COVID-19 Baru

Rencananya, ruangan terbuka ini bakal memiliki beragam fungsi. Di antaranya seperti tempat rekreasi, lapangan bola, pusat olaharga air, dan lain sebagainya. Tempat rekreasi ini juga bakal dibuka untuk umum, bukan untuk karyawan Google saja.

Rencana pembangunan, atau bisa dibilang perombakan sebagian besar wilayah markas Google ini, bertujuan untuk mengurangi krisis tempat tinggal di wilayah San Francisco, AS.

Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk membuat sejumlah karyawan Google dan masyarakat yang tinggal di daerah Middlefield Park, tinggal di sebuah "kota kecil", di mana segala kebutuhan sehari-hari bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan berjalan kaki.