Find Us On Social Media :

ASUS Umumkan Aneka Produk Baru yang Menggunakan Intel Tiger Lake

By Cakrawala, Kamis, 10 September 2020 | 12:00 WIB

Samson Hu (Co-CEO, ASUS; kiri) dan Sascha Florian Krohn (Director of Technical Marketing, PC & Gaming, ASUS) berfoto bersama saat mengenalkan aneka produk baru ASUS yang menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake belum lama ini di dunia.

Sejalan dengan pengumuman Intel akan kehadiran prosesor Core generasi berikutnya, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake, dan edisi kedua Project Athena; produsen laptop dan 2 in 1 pun mengumumkan berbagai produk barunya yang menggunakan prosesor bersangkutan maupun terverifikasi edisi kedua Project Athena tersebut. Begitu pula dengan ASUS. Belum lama ini, melalui acara bertajuk “Built for Brilliance”, ASUS mengumumkan aneka produk barunya yang menggunakan Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake maupun yang terverifikasi edisi kedua Project Athena di dunia. Tak hanya itu, aneka laptop dan 2 in 1 baru yang akan mulai tersedia tahun ini tersebut, juga menawarkan fitur lain yang membuatnya makin mumpuni memenuhi kebutuhan calon penggunanya.

“Di ASUS, semuanya berawal dari para konsumen kami. Bagaimana kami memberikan kekuatan kepada mereka dan membuat hidup mereka selancar dan senyaman mungkin. Terdapat berbagai pengguna berbeda dengan aneka kebutuhan berbeda. Untuk memenuhi aneka kebutuhan itu, kami memliki banyak produk yang berbeda. Kami memiliki model yang beragam, mulai dari seri ExpertBook kami untuk para pengguna bisnis, seri ProArt untuk para pembuat konten dan artis, dan seri premium ZenBook kami, serta model-model VivoBook yang trendi dan bersemangat. Hari ini, mari kita melihat beberapa model baru ExpertBook dan ZenBook yang membuat bersemangat,” ujar Sascha Florian Krohn (Director of Technical Marketing, PC & Gaming, ASUS).

ASUS pun menilai bahwa beraktivitas dari rumah berkat pandemi COVID-19 membuat pengguna makin menginginkan laptop yang portabel, nyaman digunakan, memiliki daya tahan baterai lama, mempunyai konektivitas kencang, dan berkinerja tinggi; hal-hal yang makin dimungkinkan oleh Prosesor Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake serta edisi kedua Project Athena. Informasi mengenai Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake bisa dilihat di sini, sedangkan edisi kedua Project Athena di sini. “Terima kasih untuk Intel dengan codename Tiger Lake dan Project Athena, laptop-laptop menjadi makin nyaman, immersive, dan portabel,” sebut Sascha Florian Krohn.

Seperti telah disebutkan, pada acara yang berlangsung secara virtual ini, ASUS berfokus pada ExpertBook dan ZenBook. Beberapa di antaranya adalah ASUS ExpertBook B9 (B9400), ASUS ZenBook S (UX393), ASUS ZenBook Flip S (UX371), dan ASUS ZenBook 14 (UX435EA/EG).

ASUS ExpertBook B9 (B9400)

ASUS ExpertBook B9 (B9400)

ASUS ExpertBook B9 (B9400) ini mirip dengan ASUS ExpertBook B9 (B9450) yang pernah InfoKomputer uji di sini. Peningkatan paling mencolok tentu saja adalah penggunaan prosesor Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake. ASUS ExpertBook B9 (B9400) yang InfoKomputer uji menggunakan Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Comet Lake. Berkat penggunaan Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake, laptop berlayar 14 inci dengan bobot mulai 880 gr dan ketebalan 14,9 mm ini tidak hanya menawarkan kinerja lebih tinggi pada CPU dan GPU, melainkan juga fitur-fitur baru. Beberapa di antaranya adalah Thunderbolt 4 dan Intel GNA (Gaussian & Neural Accelerator) 2.0 untuk AI (artificial intelligence) generasi berikutnya. Intel GNA 2.0 misalnya dimanfaatkan laptop yang diklaim ASUS sebagai laptop bisnis 14 inci paling ringan di dunia tersebut untuk AI noise-cancelling tingkatan berikutnya.

Sekadar informasi, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake bisa dibilang penerus dari Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Ice Lake dan bukannya Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Comet Lake. Pasalnya, Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Comet Lake belum menggunakan arsitektur dan technology node baru seperti halnya Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Ice Lake.

ASUS ExpertBook B9 (B9400) menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake sampai i7, memori utama LPDDR4X-4267 sampai 32 GB, media simpan sampai dua unit SSD PCI-Express 2 TB, serta layar 14 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dan color gamut sRGB 100%. Adapun baterainya, terdapat dua pilihan, yakni 33 Wh dan 66 Wh.