Find Us On Social Media :

Karbon Platform Services Nutanix Urai Kompleksitas Kubernetes & Operasional Aplikasi

By Liana Threestayanti, Jumat, 11 September 2020 | 12:30 WIB

Nutanix Karbon Platform Services

Masih dari ajang .NEXT 2020, Nutanix mengumumkan kehadiran Karbon Platform Services, sebuah Platform-as-a-Service (PaaS) multicloud berbasis Kubernetes dengan sistem keamanan otomatis terkelola (automated system-managed security).

Pengumuman ini menjadi sebuah tonggak sejarah penting bagi Nutanix yang memperluas penawarannya untuk mengakselerasi perjalanan cloud native berbagai perusahaan.

Dalam mewujudkan inisiatif digital, banyak perusahaaan seringkali kesulitan memaksimalkan kemampuan para pengembang aplikasinya dan membutuhkan proses DevOps yang lebih gesit. Di sisi lain, Kubernetes dan ekosistem teknologi cloud native-nya terus berkembang pesat, sehingga semakin sulit untuk diterapkan tanpa sumber daya teknis yang memadai.

Selain itu, berbagai organisasi/perusahaan harus dapat memanfaatkan penerapan Kubernetes secara on premise dan di public cloud namun perusahaan harus mempertahankan kemampuannya mengelola data, aplikasi, dan sumber daya TI secara sederhana dan efektif.

Baca juga: Infrastruktur Hybrid Cloud Nutanix Kini Tersedia di AWS untuk Pelanggan Indonesia

Karbon Platform Services disebut Nutanix akan mempercepat pengembangan dan penerapan aplikasi berbasis microservices di cloud apapun. Pengembang aplikasi memperoleh manfaat dari aneka layanan di platform ini untuk menulis aplikasi cukup satu kali dan menyebarkannya (deploy) ke cloud apapun melalui application lifecycle manager berbasis SaaS. Sementara bagi tim operasional TI, platform ini menyajikan pengelolaan lifecycle aplikasi dan framework keamanan yang disederhanakan dan konsisten.

“Sumber daya TI adalah mesin yang menggerakkan perusahaan-perusahaan digital. Namun ketika perusahaan berkembang, mengadopsi hybrid cloud, dan mengelola aplkasi yang jumlahnya semakin bertambah, kebutuhan teknis pendukung dapat menjadi tantangan bagi TI,” kata Rajiv Mirani, CTO, Nutanix.

Mirani memaparkan bahwa dengan Karbon Platform Services, Nutanix ingin menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi serta menyederhanakan hubungan antara TI dan tim pengembang dalam upaya Nutanix untuk mendukung strategi DevOps para pelanggannya.

Baca juga: Nutanix Clusters Kini Hadirkan Pengalaman Hybrid Cloud di Azure

Dengan PaaS cloud native ini, para perancang software dapat menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi, tanpa perlu mengelola infrastruktur yang mendasarinya. Karbon Platform Services dibangun dengan kemampuan manajemen lifecycle Kubernetes inti yang awalnya diperkenalkan sebagai Karbon, yaitu komponen terintegrasi dalam software Nutanix HCI. Penawaran baru ini juga menghadirkan keamanan otomatis yang dikelola sistem dan multi-tenancy untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis microservices di berbagai infrastruktur cloud.

Nutanix menyebutkan beberapa manfaat yang dapat diraih pelanggan dengan menggunakan Karbon Platform Services:

Aneka layanan terkelola