Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Melakukan Factory Reset di Smartphone Android

By Adam Rizal, Sabtu, 12 September 2020 | 15:30 WIB

Factory Reset

Ketika smartphone sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama, pengguna kerap menemukan beberapa masalah pada smartphone. Mulai dari penuhnya kapasitas memori sistem, sampai berbagai gangguan teknis seperti hang serta aplikasi yang tidak dapat dijalankan secara tiba-tiba.

Jika Anda menjumpai tanda-tanda di atas, melakukan factory reset pada smartphone bisa jadi cara yang ampuh untuk mengembalikan keadaan smartphone seperti sedia kala. Selain itu, factory reset juga bisa dilakukan ketika smartphone akan dijual kembali atau diberikan kepada pengguna lain.

Factory reset adalah proses mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan atau kondisi ketika smartphone pertama kali dikeluarkan dari boks. Artinya, semua data yang tersimpan pada smartphone termasuk akun, aplikasi, musik, gambar, lagu, serta berbagai file lainnya akan dihapus.

Semua pengaturan smartphone yang telah dilakukan oleh pengguna juga akan dikembalikan seperti sedia kala. Factory reset juga biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah kerusakan pada smartphone Android yang berkaitan dengan software atau sistem operasi.

Dengan melakukan factory reset, seluruh file yang sudah dihapus tidak dapat dipulihkan. Lantas, bagaimana cara melakukan factory reset?

Dirangkum The Verge, factory reset bisa dilakukan melalui halaman pengaturan atau setting. Perlu diingat, apabila smartphone dalam kondisi terkunci menggunakan pin atau pattern, pengguna harus memasukkan pin tersebut ketika akan melakukan factory reset.

Ada baiknya sebelum melakukan langkah ini, pengguna terlebih dahulu mencadangkan (backup) semua data penting melalui Cloud atau kartu memori eksternal. Jika Anda sudah yakin untuk menghapus seluruh data yang ada pada smartphone, berikut ini adalah langkah-langkah melakukan factory reset di smartphone Android:

1. Buka menu pengaturan atau settings

2. Gulir ke bawah dan cari opsi General Management

3. Selanjutnya pilih opsi Reset

4. Untuk mulai menghapus semua data yang ada pada smartphone , Anda dapat memilih opsi Factory data reset

5. Halaman selanjutnya akan menampilkan seluruh data yang tersimpan serta beragam akun media sosial yang terhubung pada smartphone. Pilih opsi Reset untuk lanjut ke tahap berikutnya