Find Us On Social Media :

Cloud Computer, Komputer Mini Besutan Alibaba yang Diklaim Miliki Performa Komputasi Tinggi

By Rafki Fachrizal, Kamis, 17 September 2020 | 16:45 WIB

Cloud Computer Besutan Alibaba Cloud

Alibaba Cloud hari ini (17/9) kembali menggelar acara tahunannya yaitu Apsara Conference. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Apsara Conference yang ke-12 ini digelar secara online.

Hal tersebut dilakukan perusahaan asal negeri tirai bambu tersebut mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19 yang membuat konferensi secara offline tidak bisa dilakukan.

Dalam gelarannya, Apsara Conference 2020 menyoroti berbagai inovasi terbaru Alibaba Cloud. Salah satu sorotannya adalah mengenai Cloud Computer, sebuah perangkat komputer pribadi (PC) mini yang pertama dibuat Alibaba Cloud.

Menariknya, komputer ini memiliki bentuk yang ringkas di mana hanya berukuran setelapak tangan dan memiliki berat kurang dari 60 gram.

Jeff Zhang selaku President of Alibaba Cloud Intelligence, dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa Cloud Computer mampu menawarkan performa komputasi yang tinggi serta didukung sumber daya cloud back end.

“Dengan hanya menghubungkan Cloud Computer ke layar komputer, pengguna dapat mengakses sumber daya komputasi cloud yang hampir tak terbatas, kapanpun dan di manapun, dengan model biaya berlangganan atau membayar sesuai penggunaan,” jelas Zhang.

Baca Juga: Sistem Database Cloud-native Alibaba Cloud Jawab Empat Tren Ini

Lebih lanjut, Cloud Computer sendiri diklaim Alibaba memiliki daya komputasi yang kokoh sehingga dapat mengurangi waktu rendering animasi satu frame beresolusi tinggi menjadi hanya 10 menit dari 90 menit dibandingkan menggunakan PC tradisional.

Selain itu, pembaruan sistem Cloud Computer dapat dilakukan secara online, menghemat sebagian besar biaya pembaruan dan perawatan mesin PC yang relatif mahal bagi kantor konvensional.

Melalui sistem protokol aplikasi streaming yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba Cloud, dirancang untuk mensinergikan cloud dan perangkatnya, pengguna juga dapat membeli dan mengakses aplikasi dan program berlisensi seperti Linux dan Windows serta berbagai aplikasi kantor.

Oh ya, semua data milik pengguna juga akan disimpan di cloud untuk pengamanan dan perlindungan sekelas data center.

“Kami berharap Cloud Computer ini dapat membantu orang-orang mengakses daya komputasi yang tangguh kapanpun mereka membutuhkannya, sehingga mereka dapat melakukan tugas-tugas kompleks yang biasanya membutuhkan PC yang canggih dan kokoh, seperti untuk pengeditan video, rendering animasi, pengembangan perangkat lunak, dan layanan online bagi pelanggan, sekarang dapat diakses hanya dengan PC kecil di tangan,” papar Zhang.

Sekadar informasi, untuk tahap awal Cloud Computer hanya akan tersedia bagi pelanggan perusahaan. Dan dalam waktu dekat, Cloud Computer juga direncanakan akan tersedia untuk konsumen individu.

Baca Juga: Efek Pandemi, Pendapatan Alibaba Cloud Malah Meningkat 59 Persen