Find Us On Social Media :

Dukung Pemerintah, 3 Indonesia Berikan Akses Internet Gratis Tambahan

By Cakrawala, Kamis, 24 September 2020 | 21:30 WIB

M. Danny Buldansyah (Wakil Presiden Direktur, 3 Indonesia; kiri) saat penandatanganan Surat Pesanan Program Bantuan Kuota Internet beberapa hari lalu.

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia hari ini menyebutkan telah mendistribusikan kuota pendidikan tahap pertama plus kuota tambahan darinya. Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) bekerja sama dengan ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), mulai menyalurkan kuota data internet gratis untuk pelajar, mahasiswa, guru dan dosen di Indonesia. Tujuannya untuk membantu pembelajaran jarak jauh akibat wabah COVID-19. Sebagai salah satu operator telekomunikasi seluler di Indonesia, 3 Indonesia juga mendistribusikan kuota pendidikan tersebut. Namun, setidaknya pada tahap pertama, 3 Indonesia juga menambahkan kuota internet gratis darinya.

“3 Indonesia mendukung penuh program pemerintah dalam penyediaan akses internet untuk pembelajaran jarak jauh, bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia. Kami sangat berharap upaya bersama ini bermanfaat bagi seluruh pihak, dan bisa membantu kegiatan belajar mengajar online yang berlangsung. Kami juga telah meningkatkan kualitas jaringan 4.5G Pro kami yang semakin luas dan kuat hadir di lebih dari 35.000 desa untuk memastikan pengguna kami berinternet dengan lancar,” ujar M. Danny Buldansyah (Wakil Presiden Direktur, 3 Indonesia).

Adapun akses internet gratis tambahan yang diberikan 3 Indonesia berupa kuota 30 GB. Kuota tambahan 30 GB tersebut terdiri dari kuota 10 GB yang bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi serta kuota belajar 20 GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi e-learning, seperti Ruangguru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom. Kuota tambahan dari 3 Indonesia ini bisa digunakan sepanjang hari selama 30 hari.

Bagi yang nomor 3 Indonesianya sudah terdaftar melalui sistem dapodik (data pokok pendidikan), 3 Indonesia akan mengirimkan SMS notifikasi. Pengguna 3 Indonesia bersangkutan hanya perlu membalas dengan mengetik “TRI”, dan kuota 30 GB pun langsung diterima. Untuk mengecek kuota, penguna 3 Indonesia bisa mengakses *123*10*3# atau melalui aplikasi bima+. Khusus pengguna 3 Indonesia yang mengunduh dan menggunakan aplikasi bima+ untuk pertama kalinya, akan mendapatkan tambahan kuota sebanyak 6 GB.

Selain memberikan kuota tambahan, 3 Indonesia mengklaim senantiasa mendukung pemberdayaan anak muda Indonesia. Beberapa aktivitas yang telah dilakukan 3 Indonesia sehubungan hal itu seperti Kejar Ambisiku — ajang pencarian ide bisnis digital dan program inkubasi, Sound of Tri — program yang dikhususkan mendukung anak muda Indonesia dalam bidang musik, serta Bima Day — sebuah pesta anak muda yang mengangkat musik, film, dan Esport.