Find Us On Social Media :

Wi-Fi 6 akan Membawa Era Baru Konektivitas untuk Para Penguna

By Cakrawala, Jumat, 25 September 2020 | 18:00 WIB

Wi-Fi 6

Penulis: Alan Hsu (General Manager, Intelligent Connectivity Business Unit, MediaTek)

Akibat pandemi COVID-19, sebagian besar orang sekarang tinggal di rumah, baik untuk bekerja maupun belajar, terutama di DKI Jakarta yang sedang dalam PSBB (pembatasan sosial berskala besar) ketat. Alhasil, internet menjadi penolong banyak orang agar bisa tetap terhubung secara virtual, apakah untuk menonton siaran favorit secara streaming, bekerja, sekolah, maupun bermain gim bersama teman-teman. Semua aktivitas itu tentunya mengandalkan perangkat untuk terhubung dengan dunia luar melalui internet.

MediaTek menyediakan konektivitas yang kencang dan andal dengan berbagai solusi Wi-Fi yang canggih, sehingga para konsumen bisa melakukan lebih banyak dan berbagi lebih banyak pula. Bahkan, MediaTek merupakan penyedia Wi-Fi nomor satu untuk pita lebar, ruter ritel, perangkat elektronik konsumen, serta perngkat untuk bermain gim. Mengikuti persyaratan komputasi masa kini, seluruh chipset terbaru MediaTek sudah dilengkapi dengan dukungan Wi-Fi 6.

Kenapa Diperlukan Standar Baru Wi-Fi 6?

Kebutuhan bandwidth terus bertambah, karena meningkatnya popularitas layanan streaming dan makin banyaknya perangkat yang terhubung. Untuk memenuhi kebutuhan ini, industri memerlukan standar Wi-Fi baru dan menciptakan Wi-Fi 6. Keunggulan yang dimiliki Wi-Fi 6 dibandingkan generasi sebelumnya adalah kecepatan yang lebih tinggi, efisiensi spektrum yang lebih baik, dan latensi yang lebih rendah.

Wi-Fi 6 juga mendukung MU-MIMO (multi-user multiple-input and multiple-output) serta OFDMA (orthogonal frequency division multiple access), yang memegang peranan penting untuk menyediakan konektivitas andal bagi banyak perangkat dalam sebuah jaringan. Hal ini menjadi makin penting karena konsumen sekarang menggunakan makin banyak perangkat cerdas di rumah.

Membuka pita 6 GHz akan membantu menjawab kebutuhan yang terus bertambah akan bandwidth. Di Amerika Serikat, FCC (Federal Communications Commision) baru-baru ini mengadopsi peraturan baru untuk meningkatkan spektrum yang tersedia untuk Wi-Fi hampir lima kali lipat, dan negara-negara lain sedang mempertimbangkan hal yang sama. Perangkat-perangkat dengan dukungan Wi-Fi 6E akan mampu memanfaatkan tambahan spektrum untuk menghasilkan konektivitas yang lebih kencang.

Solusi Wi-Fi 6 yang Ditawarkan MediaTek

MediaTek sekarang berfokus dalam menghadirkan solusi-solusi lanjut Wi-Fi 6 ke industri untuk pasar-pasar dengan pertumbuhan tinggi: ruter ritel, kanal pita lebar operator, perangkat elektronik konsumen, gim, IoT, serta tentu saja perngkat mobile dan smartphone. Aneka chipset Wi-Fi 6 kami mendukung berbagai teknologi seperti EasyMesh, MU-MIMO, dan OFDMA untuk keandalan konektivitas, bahkan ketika ada banyak perangkat yang terhubung ke jaringan.

Menenagai ruter-ruter rumah, komersial, dan enterprise dari merek-merek seperti D-Link dan TP-Link, chipset kombo MediaTek MT7915 Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5 mencatat berbagai pencapaian pertama di industri, seperti mengintegrasikan penerima RF khusus dengan pengawasan kanal DFS (dynamic frequency selection) yang zero-wait untuk konektivitas lebih andal. SoC 5G Dimensity 1000 juga dilengkapi dengan dukungan Wi-Fi 6. Cip ini merupakan contoh bagaimana Wi-Fi 6 dan 5G bersama-sama bisa menghadirkan konektivitas lengkap bagi smartphone, mendukung konektivitas tercepat dan paling efisien di manapun lokasi pengguna.

Selain itu, MediaTek dan Samsung baru-baru ini juga mengumumkan televisi 8K Wi-Fi 6 pertama di dunia, yang dilengkapi dengan chipset khusus Wi-Fi 6 dari MediaTek. Menggabungkan pencitraan 8K premium dan konektivitas kecepatan tinggi, televisi cerdas yang luar biasa ini akan membantu membawa pengalaman hiburan ke tingkat berikutnya.

Potensi Wi-Fi 6 untuk Televisi Cerdas