Find Us On Social Media :

Samsung Kembangkan Smartphone 5G Termurah dengan Snapdragon 750G

By Adam Rizal, Selasa, 29 September 2020 | 11:30 WIB

Samsung Galaxy A4 5G

Pada awal bulan ini, Samsung meluncurkan smartphone Galaxy A42 5G yang diklaim sebagai smartphone berkemampuan 5G termurah.

Namun, saat itu Samsung tidak mengungkap spesifikasi smartphone tersebut, terutama prosesornya.

Laporan Dealntech mengindikasikan bahwa perangkat tersebut akan didukung oleh chipset terbaru Snapdragon 750G dari Qualcomm.

Samsung Galaxy A42 5G mengusung chipset Snapdragon 750G berdasarkan kode sumber benchmark Galaxy A42 5G.

Kode sumber menyoroti konfigurasi yang sama dengan Snapdragon 750G SoC, klaim laporan itu.

Sekedar pengingat, Galaxy A42 diluncurkan sebagai penerus Galaxy A41 bersama dengan Galaxy A42 5G bersama dengan Galaxy Tab A7 dan pengisi daya nirkabel Trio.

Dalam hal spesifikasi, perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa perangkat tersebut akan menawarkan layar Super AMOLED 6,6 inci dengan takik tetesan air dan pengaturan kamera belakang quad. Dari segi desain, smartphone diatur untuk menampilkan panel tekstur cetak warna ganda.

Sebagai teknologi baru, smartphone 5G tentu masih membutuhkan pijakan sebelum menjangkau pasar yang lebih luas. Persoalannya saat ini konsumen dihadapkan pada line up yang terbilang masih terbatas.

Hingga kuartal pertama 2020, rata-rata vendor hanya memiliki kurang dari lima smartphone 5G.

Persoalan utama lainnya adalah menyangkut harga. Dengan harga rata-rata di atas 15 – 30 juta, smartphone 5G terbilang mahal untuk kantung orang kebanyakan. Alhasil, kehadiran smartphone 5G dengan harga terjangkau menjadi dambaan.

Baca Juga: Hands-on Samsung Galaxy Z Fold2: Generasi Ketiga yang Makin Sempurna

Meskipun ada beberapa seri smartphone 5G dengan harga paling terjangkau, yakni sekitar CNY2.000 atau USD290 (Rp3,9 juta), namun harga rata-rata untuk perangkat dengan dukungan jaringan tercepat ini sekitar CNY3.000 atau USD430 (Rp5,8 juta) atau lebih tinggi.