Find Us On Social Media :

Grab Umumkan Kelulusan Lima Startup dari Program GVV Angkatan 3

By Rafki Fachrizal, Kamis, 1 Oktober 2020 | 19:36 WIB

Ilustrasi Grab

Grab Indonesia resmi mengumumkan kelulusan lima startup yang telah mengikuti program Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3. Kelima startup itu di antaranya LunaPOS, Printerous, KliknClean, GetCraft dan Workmate.

Dalam konferensi pers virtual yang digelar hari ini (1/10), Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengungkapkan bahwa program GVV dirancang untuk membangun ekosistem startup yang lebih kuat di Asia Tenggara khususnya Indonesia.

“Kami memiliki objektif di mana ingin startup-startup di Indonesia bisa menjadi seperti Grab saat ini,” ujar Neneng.

Selama mengikuti program GVV, kelima startup tersebut telah mendapat kesempatan untuk meningkatkan kapabilitasnya melalui beberapa rangkaian kegiatan yang berfokus untuk memperkuat model bisnis dan layanan mereka untuk UMKM.

Kegiatan itu seperti workshop peningkatan kapabilitas dilakukan bersama pemimpin Grab dan para ahli di komunitas startup. Workshop ini mencakup berbagai topik termasuk pendanaan, perencanaan dan pengelolaan keuangan, serta manajemen perubahan dan sumber daya manusia.

Kelima Startup juga mendapat sesi bimbingan tentang strategi pengembangan bisnis dari eksekutif Grab. Bahkan, Anthony Tan, Group CEO & Co-Founder Grab, hadir dalam sesi fireside chat bersama para pendiri GVV dan berbagi pengalaman dalam mengembangkan Grab di Asia Tenggara.

“Tidak hanya itu, mereka (kelima startup) juga diberi kesempatan untuk menguji layanannya kepada mitra GrabMerchant kami,” cetus Neneng.

Baca Juga: Layani Lebih Dari 26 Juta Km Perjalanan, GrabProtect Hadir di Jayapura

Dijelaskan Neneng, uji coba layanan kelima startup tersebut dilakukan selama delapan minggu. Dari uji coba tersebut, harapannya dapat mempercepat pertumbuhan pasar mereka dengan cara menawarkan layanan dan solusi mereka ke beberapa merchant GrabFood.

“Program uji coba layanan ini juga sejalan dengan program #TerusUsaha yang bertujuan untuk mendukung digitalisasi usaha tradisional dan UMKM,” ucap Neneng.

Lebih lanjut, setelah lulus dari program GVV ini, para startup juga akan terus memberdayakan UMKM dengan bergabung dalam ekosistem Grab sebagai mitra bisnis resmi.

“Setelah mereka lulus akan tetap join (bergabung) di solusi mitra GrabMerchant supaya membantu bisnis mereka,” kata Neneng.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto.