Find Us On Social Media :

Seberapa Besar Potensi Bisnis Joki Game Online di Indonesia?

By Adam Rizal, Rabu, 7 Oktober 2020 | 15:30 WIB

Punya Prospek Cerah dan Menguntungkan, Berapakah Honor Joki Game Online?

“Selain karena mereka gak punya waktu, ya banyak yang pakai jasa joki karena gengsi sama temen-temen di tongkrongannya”.

Begitu penjelasan Muhammad Chandra, pemilik dari akun @jokiku.gaskeun, sebuah akun bisnis joki game online di Instagram yang telah meraup puluhan ribu followers ketika dimintai keterangan tentang antusiasme joki game online.

Meningkatnya popularitas game online ternyata membuka peluang bagi joki game online. Muhammad Chandra, contohnya, sudah mulai membuka jasa joki game online seorang diri pada tahun 2018.Pihaknya menyediakan jasa untuk meningkatkan rank dari pelanggannya dengan cara memainkan game dengan akun pelanggan. Hingga kini, bisnisnya semakin besar dan makin digandrungi banyak pelanggan.

“Awalnya kan saya suka banget main Mobile Legends, sampai begadang-begadang tuh. Terus ya kenapa enhgak saya coba buat ngehasilin dari sini, biar udah begadang ada hasilnya juga” tambahnya.

Ketika pertama kali membuka jasa game online, Chandra berhasil mendapatkan Rp 70.000. Sebab dinilai lumayan, ia meneruskan bisnisnya itu. Setelah satu bulan berlalu, pesanan joki game online yang datang dianggap terlalu banyak untuk dikerjakan sendiri.

Chandra pun memilih untuk merekrut orang lain untuk mengerjakan pesanan tersebut.

“Banyak banget orderan joki, saya sampai begadang-begadang itu. Sampai minta bantuan adik saya juga. Tapi karena enggak kepegang, ya sudah, saya buka rekrut joki game online lewat Instagram” ujarnya,

Tak disangka, lebih dari seratus orang mendaftar untuk bergabung dengan Chandra. Ia memutuskan untuk melakukan seleksi dan memilih 20 orang untuk bergabung bersamanya.

Sekarang, bersama joki game online yang telah ia rekrut, Chandra menyatakan dapat meraup Rp 5-10 juta rupiah. Sehari-harinya ia bisa mengerjakan kurang lebih 15 pesanan pelanggan.

“Pelanggan, ya, pegawai banyaknya, pegawai kantoran gitu, pelajar juga, dokter juga ada” jelasnya.

Banyak dari pelanggan yang merupakan pegawai mengaku kekurangan waktu untuk memainkan game online sehingga membutuhkan jasa joki agar rank-nya di dalam game online dapat naik.

“Nah yang pelajar itu, yang biasanya pakai joki gara-gara gengsi. Kan biar kayak keren gitu di tongkrongan” tambahnya.