Find Us On Social Media :

LINE Umumkan Beberapa Layanan Pihak Ketiga Berbasiskan LINE Blockchain

By Cakrawala, Kamis, 8 Oktober 2020 | 20:30 WIB

Ilustrasi LINE Blockchain

LINE baru saja mengumumkan beberapa layanan pihak ketiga yang dikembangkan berbasiskan LINE Blockchain. LINE Blockchain merupakan teknologi blockchain milik LINE yang dikembangkan sendiri olehnya. Seperti disampaikan di sini, LINE juga telah menghadirkan LINE Blockchain Developers yang menyediakan cara yang mudah dan efisien bagi pengembang untuk membangun layanan blockchain berbasiskan LINE Blockchain. Terdapat delapan layanan pihak ketiga berbasiskan LINE Blockchain yang diumumkan, yakni Knight Story, linksign, aFan, League of Kingdoms for LINE Blockchain, CryptoDozer, SOMESING, Theta.tv, dan Crypto Sports. Sebagian dari delapan layanan ketiga itu sudah mulai tersedia di Jepang atau di dunia dan sisanya menyusul kemudian.

Selain kedelapan layanan yang diumumkan, LINE juga menegaskan bahwa terdapat banyak permintaan yang diajukan ke LINE begitu LINE Blockchain Developers diluncurkan. Bahkan, LINE menyebutkan lebih dari seratus permintaan diajukan dalam jangka waktu enam hari setelah peluncuran yang dimaksud.

Adapun informasi singkat dari kedelapan layanan pihak ketiga berbasiskan LINE Blockchain tersebut bisa dilihat berikut ini.

1. Knight Story

Knight Story versi Jepang adalah gim RPG seluler yang sudah diluncurkan oleh Blockchain Biscuitlabs. Dalam Knight Story, pemain menjadi ksatria dan bekerja sama dengan hewan peliharaan saat mereka bertempur dan mengumpulkan bahan untuk membuat berbagai peralatan untuk memperkuat diri. Pemain bisa menggabungkan lebih dari tujuh puluh jenis bahan seperti kayu dan tembaga; dan mengubahnya menjadi lebih dari dua ratus benda, seperti pedang, busur, dan tameng. Semua item dalam gim adalah aset NFT (Non-Fungible Token) yang bisa dijual maupun ditukar.

2. linksign

linksign adalah solusi kontrak digital berdasarkan AI (artificial intelligence) dan blockchain dari Comake. Sebagai solusi satu atap, linksign mencakup seluruh siklus hidup dari sebuah kontrak, mulai dari penyusunan sampai peninjauan, penandatanganan, dan pelaksanaan. Pengguna dapat memilih template yang tersedia untuk membuat kontrak dengan mudah. Semua proses kontrak pun dapat dikonfirmasi secara real-time. Seperti Knight Story, linksign juga sudah tersedia.

3. aFan

aFan by Common Computer adalah media sosial baru berbasis blockchain yang menghubungkan kreator dengan penggemar mereka. Pengguna dapat mendukung kreator, seperti fotografer dan ilustrator, dan bisa melakukan aktivitas kreatif seperti menjadi penggemar dan memberikan donasi langsung. Token platform, Fanco, memungkinkan interaksi yang lebih dalam antara kreator dan penggemar. aFan seharusnya sudah tersedia pada awal Oktober ini.

4. League of Kingdoms for LINE Blockchain

NOD Games berencana untuk meluncurkan versi Jepang dari gim strategi MMO, League of Kingdoms, untuk LINE Blockchain pada akhir Oktober 2020. Pemain dapat membangun kerajaan mereka sendiri dan bergabung dengan sekutu atau memulai pertempuran guna memperluas wilayah mereka. Pemain pun dapat mengubah aset dalam gim menjadi token item blockchain untuk mendapatkan kepemilikan penuh atas aset dan menggunakannya dalam berbagai transaksi di dalam gim.

5. CryptoDozer

Gim CryptoDozer ditargetkan oleh PlayDapp untuk tersedia pada tahun 2020. Ditujukan untuk audiens Jepang, pada CryptoDozer Anda dapat mensejajarkan koin untuk menerima lebih dari tiga puluh jenis boneka Dozer. Anda juga bisa menggabungkan boneka Dozer untuk menerima boneka yang lebih menarik.

6. SOMESING

Aplikasi karaoke sosial SOMESING rencanya akan dihadirkan oleh Emel Ventures pada tahun 2020 untuk audiens Jepang. Pengguna dapat menikmati karaoke dengan audio berkualitas tinggi kapan saja dan di mana saja. SOMESING adalah aplikasi karaoke pertama di dunia yang memanfaatkan teknologi blockchain dengan sistem hadiah individu; pengguna dapat menerima kompensasi yang adil untuk lagu yang mereka nyanyikan.

7. Theta.tv

Theta Labs (Theta Network) berencana merilis platform streaming video untuk eSports, Theta.tv, pada tahun 2020, juga untuk audiens Jepang. Pengguna dapat menerima hadiah dengan menonton konten dan berbagi bandwidth dengan pemirsa lain. Pengguna juga dapat berlangganan acara favorit mereka dan mengirim donasi.

8. Crypto Sports

AXEL MARK INC. dan OneSports Inc., bekerjasama untuk mengembangkan gim yang memanfaatkan lisensi olahraga profesional. Untuk sementara, gim ini dijadwalkan untuk diluncurkan pada atau setelah 2021. Pemain berpartisipasi dalam permainan untuk mengembangkan atlet, dan akhirnya menukarnya dengan tim lain.