Find Us On Social Media :

Lolos TKDN, iPad Air 4 dan Apple Watch SE Segera Dijual di Indonesia

By Adam Rizal, Jumat, 9 Oktober 2020 | 11:30 WIB

ipad air 4

Setelah diperkenalkan pertengahan September lalu, arloji pintar Apple Watch Series 6 dan Watch SE kemungkinan akan segera dijual di Indonesia. Begitu pula dengan dua gadget teranyar lain, yakni iPad Air 4 dan iPad generasi ke delapan.

Tanda-tanda bahwa mereka akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat adalah munculnya sertifikasi lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di laman Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ada dua sertifikat yang terdaftar pada tanggal 5 Oktober 2020 dan diajukan oleh perusahan PT. Apple Indonesia. Pertama adalah sertifikasi komputer tablet dengan nomor sertifikasi 929/SJ-IND.8/TKDN/10/2020.

TKDN

Ada dua produk yang terdaftar, yakni Apple iPad model A2429 (iPad 8, 2020) dan Apple iPad Air model A2072 (iPad Air 4). Keduanya sama-sama mengantongi bobot nilai TKDN sebesar 30 persen.

Ada empat model produk yang didaftarkan. Pertama adalah dua Apple Watch Series 6 model A2375 dan model A2376. Kemudian dua model lainnya adalah Apple Watch SE model A2355 dan model A2356.

Keempat smartwatch memperoleh nilai TKDN sebesar 30 persen seperti iPad. Dalam laman sertifikasi postel Ditjen SDPPI, namun sertifikat yang sama belum terlihat.

TKDN

Selain memenuhi persyaratan TKDN, gadget juga harus lolos uji Ditjen SDPPI sebelum bisa dipasarkan di Indonesia.

Apple Watch SE sendiri merupakan Apple Watch "murah" yang juga diluncurkan Apple bulan September lalu. Fisiknya serupa dengan Apple Watch Series 6, tapi spesifikasinya identik dengan Apple Watch 5.

APPLE WATCH

Namun, beberapa fitur kunci di Apple Watch Series 6 turut dimiliki Apple Watch SE. Seperti sistem operasi watchOS 7, pelacakan waktu tidur, pendeteksi waktu cuci tangan, dan pendeteksi jatuh.