Find Us On Social Media :

Kredivo Hadirkan Cicilan Bunga 0% Saat Hari Belanja Online Nasional

By Rafki Fachrizal, Jumat, 9 Oktober 2020 | 14:15 WIB

Ilustrasi Aplikasi Kredivo

Platform lending Kredivo menghadirkan opsi pembayaran berkala saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dengan bunga 0% untuk tenor 3 dan 6 bulan.

Pengguna Kredivo dapat memanfaatkan opsi pembayaran berkala dengan bunga 0% ini saat festival belanja tanggal 9-11 Oktober, 10-12 November dan 11-13 Desember 2020.

Riset Kredivo yang bertajuk “Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia”, menunjukkan bahwa Harbolnas dan festival belanja tanggal kembar yaitu 9.9, 10.10, 11.11 dan 12.12 merupakan empat hari tersibuk belanja online sepanjang 2019, dengan lonjakan jumlah transaksi sebesar 2-5 kali lipat dari hari biasa.

Selain itu, riset menunjukkan bahwa produk fashion, kesehatan & kecantikan, serta peralatan rumah tangga menjadi produk dengan jumlah transaksi tertinggi selama Harbolnas 2019, yang menyumbang jumlah transaksi hingga 50% dari total transaksi di hari-hari tersebut.

Lily Suriani selaku General Manager Kredivo, mengatakan, “Melalui program cicilan 0% dengan tenor 3 & 6 bulan ini, diharapkan dapat menjadi stimulus bagi roda perekonomian Indonesia, terlebih mengingat Harbolnas menjadi salah satu momentum dengan jumlah transaksi terbesar di e-commerce sepanjang tahun.”

Baca Juga: Twitter Ungkap Lima Fakta Perilaku Konsumen Jelang Momen Belanja 2020

Lebih lanjut, setiap konsumen dapat memanfaatkan cicilan 0% ini setiap bulannya sebanyak 1 kali, dengan minimum transaksi sebesar satu juta rupiah di seluruh merchant yang sudah bermitra dengan Kredivo.

Program ini juga dilakukan mengingat hasil riset Kredivo yang menunjukkan puncak pertumbuhan transaksi tertinggi di e-commerce selama 2019 terjadi pada kuartal terakhir, yang didorong oleh festival belanja online nasional 9.9, 10.10, 11.11 dan 12.12.

Bahkan, pada 12 Desember 2019, peningkatan jumlah transaksi mencapai 530% dari jumlah transaksi rata-rata harian.

Menariknya, nilai transaksi pada tanggal-tanggal tersebut tidak melonjak sebesar jumlah transaksi karena terdapat diskon - diskon besar. Hal ini menunjukkan perilaku belanja konsumen yang masih sangat dipengaruhi oleh diskon dan promosi lainnya.

Meski demikian, Kredivo juga mengklaim bahwa senantiasa berupaya untuk mengimbangi akses keuangan dengan edukasi keuangan bagi masyarakat.

“Selain memberikan kemudahan pembayaran dengan bunga yang rendah dalam berbelanja online, prinsip responsible lending senantiasa kami terapkan guna membuat konsumen tetap bijak dalam berbelanja,” pungkas Lily.

Baca Juga: Riset: Kepercayaan Konsumen Terhadap Transaksi E-commerce Meningkat