Find Us On Social Media :

Sederhanakan Operasional, Nutanix Rilis Solusi Manajemen Database untuk Hybrid & Multi Cloud

By Liana Threestayanti, Jumat, 9 Oktober 2020 | 20:30 WIB

Ilustrasi database

Nutanix hari ini mengumumkan peluncuran solusi manajemen multi-database pertama yang bisa beroperasi di cloud mana saja (cloud agnostic).

Solusi terbaru bernama Nutanix Era 2.0 ini  sekaligus memperluas jangkauan solusi manajemen database Nutanix menjadi lintas cloud dan klaster, operasional menjadi lebih simpel melalui peningkatan skala dan pengurangan biaya untuk tim TI dan database. 

“Strategi hybrid dan multicloud akan mendukung pemulihan Indonesia di realitas pasca-pandemi. Perusahaan-perusahaan akan melakukan optimalisasi lisensi database serta mencari fleksibilitas, mobilitas aplikasi, dan inovasi – yang belum pernah kita jumpai dalam di bidang manajemen database multicloud sebelumnya,” kata Fetra Syahbana, Country Manager Indonesia, Nutanix. Fetra menjelaskan bahwa Nutanix ingin menjembatani kesenjangan tersebut dengan menghadirkan solusi-solusi manajemen multidatabase untuk digunakan di cloud manapun. Kemampuan ini pada akhirnya akan menyederhanakan operasional dan mengurangi biaya. "Sehingga dapat mamaksimalkan manfaat hybrid dan multicloud di masa depan," ujar Fetra Syahbana.

Manajemen Database Lebih Sederhana

Nutanix Era 2.0 memungkinkan pelanggan menyediakan dan mengelola database di berbagai cloud dengan tools, standar dan kebijakan keamanan yang konsisten sehingga pelanggan memiliki fleksibilitas dalam memilih cloud yang tepat untuk setiap database guna meningkatkan kelincahan dan meminimalisasi biaya. 

Era 2.0 juga menyederhanakan operasional di berbagai klaster dan data center yang terdistribusi, sehingga skalabilitasnya menjadi sangat signifikan. Di samping itu, proses penyediaan, cloning dan patching dapat dilakukan dengan satu klik saja. 

Selain menyederhanakan operasional dan meminimalisir biaya dengan mobilitas data yang mulus di cloud, Era 2.0 juga dapat diterapkan untuk berbagai penggunaan baru seperti pemanfaatan public cloud untuk mengatasi lonjakan kapasitas, dev/test, perbaikan kapasitas dan optimalisasi kinerja database dari jarak jauh.

Dukungan untuk SAP HANA dalam Skala Besar

Kemampuan Era telah diperluas ke SAP HANA sehingga pelanggan dapat melakukan pengelolaan dengan sekali klik saja. Nutanix adalah salah satu platform hyper-converged infrastructure (HCI) pertama yang tersertifikasi untuk proses peningkatan kapasitas SAP HANA secara scale-up (meningkatkan kapasitas dengan meningkatkan sumberdaya dalam satu server) dan baru-baru ini secara scale-out (menambah kapasitas dengan menambah jumlah server), sehingga menyederhanakan implementasi  aplikasi bisnis SAP dan penggunaan SAP Business Warehouse yang paling rumit sekalipun dalam SAP HANA.

Dukungan PostgreSQL 24/7

Nutanix juga mengumumkan dukungan 24-jam (24/7) untuk Postgre guna mendukung implementasi aplikasi-aplikasi penting para pelanggannya. Berbeda dengan pesaing, dukungan ini termasuk pula pengalaman dukungan end-to-end untuk mesin database Postgre, di samping layanan pengelolaan platform infrastruktur dan Era – semuanya melalui tim Nutanix – sehingga menghasilkan waktu resolusi yang lebih cepat. 

Solusi Database as a Service