Find Us On Social Media :

Alasan Smartphone Seri Poco Berganti Merek Jadi Redmi

By Adam Rizal, Minggu, 11 Oktober 2020 | 11:30 WIB

Poco X3

Poco memutuskan mandiri atau independen dengan berpisah dari Xiaomi. Meski independen, Poco tetap menggunakan beberapa sumber daya dari Xiaomi seperti perangkat lunak MIUI, pabrik manufaktur, dan sebagainya.

Faktanya, Poco kerap meluncurkan ponsel yang berganti merek dari beberapa perangkat Redmi. Poco C3 yang baru diluncurkan adalah versi Redmi 9C (varian Cina) yang baru saja diluncurkan.

Poco M2 Pro adalah versi yang dikemas ulang dari Redmi Note 9 Pro, dan seterusnya. Menariknya, Poco X2 yang diluncurkan tahun lalu juga merupakan versi rebranding dari Redmi K30 China seperti dikutip India Express.

Country Director Poco Anuj Sharma merasa, ponsel Poco yang diganti mereknya adalah versi perangkat Redmi yang lebih baik dan menawarkan nilai lebih baik kepada konsumen.

Di India sendiri, Poco menawarkan tiga lineup di negara ini - seri Poco C, X dan M. Ini tidak termasuk seri F. Beberapa ponsel yang diluncurkan di bawah ketiga seri ini adalah versi yang dikemas ulang, sementara yang lain benar-benar baru.

Sharma percaya ini karena Poco masih merek baru dan mengembangkan ponsel baru untuk setiap seri adalah tugas sulit. Oleh karena itu, perusahaan menggunakan Xiaomi sebagai platform dan melakukan improvisasi di atasnya.

Sharma mengatakan, Poco bukanlah merek smartphone pertama yang mengikuti strategi peluncuran perangkat bermerek ini di negara tersebut.

“Ponsel OnePlus pertama, OnePlus One, adalah perangkat Oppo yang diganti mereknya dan kasus serupa terjadi pada ponsel pertama Realme. Merek sering kali cenderung mengikuti strategi ini dan ini bukanlah hal baru dalam kasus Poco," kata Sharma.

Poco akan terus mengikuti strategi yang sama di masa mendatang. Pabrikan akan terus menggunakan perangkat lunak MIUI dari Xiaomi di ponselnya, dan tidak memiliki rencana membangun platform perangkat lunaknya sendiri dalam waktu dekat.

"Tidak seperti kebanyakan merek pesaing, Poco tidak berharap menghadirkan terlalu banyak pilihan di segmen harga karena hal itu membingungkan konsumen," kata Sharma.

Untuk segmen harga 10.000 - 15.000 rupee atau sekitar Rp 2 hingga 3 jutaan ada Poco M2 Pro dan bagi konsumen yang mencari smartphone dengan harga antara 15.000 - 20.000 rupee atau kisaran Rp 3 hingga 4 jutaan ada Poco X3.

Poco X3 sudah dijual di Flipkart, meski stoknya terbatas. Manajer Umum Poco C Manmohan mengatakan, perusahaan sedang bersiap mengisi ulang stok secepat mungkin dan membuat Poco X3 tersedia penjualan terbuka di India segera.