Find Us On Social Media :

Review Samsung Galaxy Tab S7: Alternatif Laptop untuk Produktivitas

By Dayu Akbar, Kamis, 15 Oktober 2020 | 19:30 WIB

Samsung Galaxy Tab S7 (SM-T875)

Sejauh ini hanya ada dua produsen yang masih gencar menghadirkan perangkat komputer tablet kelas premium, Apple dan Samsung. Konsistensi Samsung kembali dibuktikan dengan menghadirkan generasi perangkat komputer tablet terbaru melalui Galaxy Tab seri S7.

Samsung Galaxy Tab seri S7 sendiri hadir dalam dua varian yaitu Tab S7 dan Tab S7+. Perbedaan  mendasar terdapat pada ukuran layarnya. Samsung Galaxy Tab S7 (SM-T875) yang kami uji kali ini memiliki ukuran lebih kecil, yaitu 11 inci. Panel layarnya juga lebih sederhana dibanding Tab S7+. Tab S7 menggunakan panel LTPS LCD dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, berbeda dengan Tab S7+ yang menggunakan AMOLED berukuran 12,4 inci dan beresolusi 2.800 x 1.752 piksel.

Perbedaan mendasar dengan Tab S7+ salah satunya adalah penggunaan panel layar; Tab S7 menggunkan LTPS dengan ukuran 11 inci.

Meski lebih sederhana, tetapi kualitasnya sudah cukup nyaman untuk berbagai aktivitas, mulai dari gim, multimedia, sampai produktivitas. Penggunaan refresh rate 120 Hz membuat tampilan jadi lebih mulus dan lancar. Tidak ketinggalan, teknologi HDR10+ serta tingkat kecerahan sebesar 500 cd/m2 yang membuat tampilannya cukup terang dan tajam dilihat dari berbagai sudut pandang.

Dari sisi desain, Tab S7 masih mirip dengan generasi sebelumnya dengan dimensi yang juga tidak jauh berbeda. Bahkan, Tab S7 punya bobot sedikit lebih berat dan dibalut dengan material logam plus lebih tebal dibanding Tab S6. Namun. kami merasa justru ini yang membuatnya makin terasa premium dengan build quality yang makin baik. Bodi belakang memiliki pilihan warna black dan silver dengan metode finishing brush yang kesat dan tidak mudah kotor oleh sidik jari maupun tangan.

Pada bodi belakang, terdapat tulisan Samsung dengan posisi lanskap pada sisi kiri dan terdapat pula garis lurus panjang yang memiliki fungsi sebagai tempat pengisian baterai untuk S Pen. Sepanjang area garis lurus itu terdapat landasan magnet sehingga S Pen langsung menempel saat pengisian baterai dilakukan.

Salah satu keunggulan Samsung DeX adalah memungkinkan Anda untuk melakukan multitasking ataupun menampilkan beberapa aplikasi maupuan task sekaligus pada satu layar.