Find Us On Social Media :

Gandeng Enam Universitas, Aruba Gelar Aruba Academy di Indonesia

By Liana Threestayanti, Minggu, 18 Oktober 2020 | 12:30 WIB

Ilustrasi Aruba Academy, belajar

Gelar program Aruba Academy, Aruba, sebuah perusahaan Hewlett Packard Enterprise, menjalin kemitraan dengan enam universitas di Indonesia.

Melalui program Aruba Academy, para mahasiswa dari Universitas Udayana, Universitas Petra, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Bina Darma, Universitas Swiss German, dan Institut Teknologi Tangerang Selatan memperoleh kesempatan mengikuti program pelatihan dan sertifikasi sehingga mereka dapat meraih peluang karier yang lebih menjanjikan dan menjadi pemimpin Indonesia di masa depan dalam inovasi teknologi.

“Transformasi digital telah mengalami percepatan di berbagai sektor di Indonesia termasuk sektor pendidikan, di mana banyak universitas dan sekolah telah menjalankan urusan akademik secara online dan pada masa normal baru melaksanakan pembelajaran jarak jauh,” kata Robert Suryakusuma, Country Manager Aruba Indonesia. 

Robert memaparkan bahwa permintaan pasar terhadap sumber daya manusia berbakat di bidang jaringan telah meningkat secara signifikan karena transformasi digital yang tengah menjadi agenda penting banyak organisasi masa kini membutuhkan jaringan yang aman dan cerdas. 

"Sehingga Aruba Academy sejalan dengan kebutuhan saat ini karena dengan ini universitas-universtitas yang berpartisipasi menghasilkan lulusan berketerampilan tinggi yang memenuhi permintaan pasar, yang dalam jangka panjang mereka memiliki peran penting dalam inovasi teknologi untuk mendorong ekonomi digital Indonesia," imbuh Robert Suryakusuma.

Aruba menyebutkan bahwa teknologi dan inovasinya sudah diimplementasikan di 75 persen perusahaan Fortune100, 60 perusahaan yang terdaftar di Fortune500, dan lebih dari 300 ribu perusahaan, lembaga pemerintah, dan institusi pendidikan di seluruh dunia. Dengan cakupan yang luas, peluang kerja bagi pemilik sertifikasi Aruba terbuka lebar dengan penghasilan yang menjanjikan bagi para mahasiswa Indonesia.

Aruba Education Services menawarkan program pelatihan dan sertifikasi yang komprehensif dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut di berbagai bidang pengetahuan teknis.

  1. Mobilitas, dengan fokus pada pengetahuan dan keterampilan jaringan dasar yang diperlukan untuk merancang, mengatur, dan mengkonfigurasi jaringan area lokal (Local Area Network) Aruba Wireless dengan menggunakan arsitektur dan fitur sistem operasi terkini.
  2. Switching, yang berfokus pada keterampilan dasar untuk mengkonfigurasi dan mengelola solusi jaringan berbasis standar terbuka yang modern untuk UKM  serta jaringan kampus.
  3. Keamanan, dengan fokus pada pengetahuan dasar tentang keamanan jaringan dan solusi Aruba yang dirancang untuk mobilitas dan Internet of Things (IoT)
  4. Desain, yang fokus pada keterampilan untuk merencanakan dan merancang jaringan kabel dan nirkabel kampus Aruba yang aman di seluruh perusahaan.

Dukung Pembelajaran Normal Baru

“Keikutsertaan Universitas Bina Darma dalam Aruba Academy merupakan salah satu bukti konsistensi kami terhadap perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat dan kompleks. Kami melihat bahwa teknologi Aruba menawarkan berbagai keunggulan dan terobosan untuk mengatasi kompleksitas jaringan yang ada saat ini,” kata Chairul Mukmin, dosen di Universitas Bina Dharma.

"Aruba Academy bisa melengkapi mahasiswa dengan keahlian khusus di samping gelar yang akan mereka dapatkan dari pendidikan di universitas, karena tuntutan saat ini di era yang penuh tantangan adalah keahlian khusus dan bukan pengetahuan umum lagi," kata Justinus Andjarwirawan, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Kristen Petra.

“Lulusan perguruan tinggi tidak hanya dituntut kompeten dalam menguasai ilmu yang bersifat teoritis tetapi juga yang bersifat praktis untuk dapat bersaing di industri global saat ini. Hadirnya Aruba Academy memberikan warna tersendiri di kalangan akademisi kami untuk mengembangkan skill lulusan dengan menawarkan program training dan sertifikasi bertaraf internasional di dalam menjawab tantangan transformasi digital,” kata Aminudin, SKom., MCs, Dosen di Universitas Muhammadiyah Malang.

“Kemitraan dengan Aruba Academy lewat pelatihan dan sertifikasi internasional memberi kesempatan untuk meningkatkan keunggulan dosen maupun mahasiswanya dalam pengetahuan, keterampilan maupun keahilan untuk menjawab tantangan dan kebutuhan secara nasional maupun global dari berbagai industri yang sedang menjalankan proses transformasi digital dewasa ini,” kata Dr. Charles Lim, MSc, BSc, Dosen di Universitas Swiss German.