Find Us On Social Media :

Begini Cara Matikan Iklan di Xiaomi MIUI 12

By Adam Rizal, Minggu, 18 Oktober 2020 | 15:00 WIB

Xiaomi MIUI 12

Sudah menjadi rahasia umum bahwa antarmuka MIUI dan aplikasi asli dalam smartphone Xiaomi sudah terintegrasi iklan. Tentunya, kehadiran iklan itu sangat mengganggu untuk beberapa pengguna.

Namun pengguna bisa menonaktifkan iklan dalam MIUI 12 di beberapa kondisi. Dilansir dari Nextpit, ada beberapa tips untuk menonaktifkan iklan di Xiaomi MIUI 12.

Berikut langkah menonaktifkan iklan dalam MIUI 12:

1. Cara menghapus iklan dengan mematikan aplikasi MSA

Pengguna dapat mematikan aplikasi MSA (MIUI System Ads) dan metode ini dapat menyelesaikan banyak masalah periklanan yang mengganggu di MIUI. Pengguna harus memastikan smartphone Xiaomi menjalan MIUI dan terhubung ke WiFi atau jaringan seluler sebelum melakukannya.

Setelahnya, buka Settings > klik Passwords & Security > di bawah menu Authorization & Revocation, pengguna dapat mencari bagian MSA dan menggeser tombol radio untuk menonaktifkannya, tunggu 10 detik, lalu pilih Revoke.

Pengguna mungkin akan menerima pesan yang mengatakan bahwa itu tidak dapat mencabut otorisasi. Terus coba sampai sistem mengizinkan. Manipulasi ini akan menghilangkan sebagian besar iklan.

Tetapi ini hanya iklan "sistem" di antarmuka MIUI, iklan lain mungkin tetap ada di beberapa aplikasi asli Xiaomi dan harus dinonaktifkan satu per satu.

2. Cara menonaktifkan rekomendasi iklan pribadi

Setelah mencabut otorisasi MSA, pengguna dapat mulai menonaktifkan remondasi iklan yang dikirimkan MIUI. Untuk menonaktfkannya, buka Settings > Privacy Protection > di bawah menu Privacy, cari opsi Ad Services dan kemudian Personalised Ad Recommendations.

Nonaktifkan menu Personalised Ad Recommendations dan pengguna tidak akan lagi melihat iklan berdasarkan data perilaku atau informasi pribadi pengguna.

3. Cara menonaktif iklan di aplikasi Mi Browser dan Mi Security