Find Us On Social Media :

Alibaba Kenalkan Inovasi dan Fitur Baru di Festival Belanja 11.11

By Rafki Fachrizal, Rabu, 21 Oktober 2020 | 18:30 WIB

Ilustrasi Festival Belanja 11.11 yang Digelar Alibaba

Alibaba Group resmi mengumumkan dimulainya Festival Belanja 11.11 di negeri tirai bambu.

Berbeda dengan perhelatan di tahun-tahun sebelumnya, 11.11 tahun ini menghadirkan beberapa inovasi inovasi dan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan tren pelanggan yang terus berubah.

Di antaranya yakni partisipasi platform gaya hidup digital Alipay, etalase belanja “double” yang bisa menaungi lebih banyak brand, produk, dan penawaran khusus, serta teknologi livestreaming untuk menghadirkan interaksi yang lebih menarik bagi konsumen.

Yang menariknya, 11.11 tahun ini memperluas konsep “single” menjadi “double”, yakni untuk memberdayakan para merchant agar dapat menggandakan jangkauan promosi produk mereka kepada konsumen di penjuru Tiongkok, tidak hanya sekali, namun dua kali.

Festival belanja tahun ini akan menghadirkan periode belanja tambahan selama 1-3 November, sebelum acara utama tanggal 11 November, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para merchant, terutama brand baru dan usaha kecil, untuk memamerkan produk mereka dan berbagi cerita mengenai brand mereka saat pandemi.

Untuk tahun ini sendiri, lebih dari 2 juta produk akan diluncurkan, di mana angka tersebut dua kali lipat dari jumlah produk yang diluncurkan tahun lalu.

“Melalui ekspansi ‘single’ menjadi ‘double’ kami, Festival Belanja 11.11 akan menawarkan berbagai peluang bagi para merchant online dan offline untuk dapat menjangkau pembeli serta menghadirkan pengalaman belanja yang lebih baik bagi para konsumen,” jelas Jiang Fan, President of Taobao and Tmall.

Lebih lanjut, pengalaman festival belanja tahun ini juga akan ditingkatkan oleh platform gaya hidup digital Alipay, yang mengumpulkan lebih dari 2 juta penyedia jasa lokal yang menawarkan berbagai promosi spesial di lebih dari 100 kota.

Usaha mikro dan kecil offline di penjuru Tiongkok, seperti pedagang kaki lima dan toko serba ada lokal, akan dapat berpartisipasi dalam 11.11 melalui platform Alipay.

Baca Juga: Adopsi Cloud Jadi Langkah Garuda Indonesia untuk Dukung Proses Transformasi Digital

Live Streaming dan Logistik sebagai Inti dari Festival Belanja

Live streaming diperkirakan akan menjadi pusat perhatian pada Festival Belanja 11.11 tahun ini. Di samping sesi livestreaming yang dipimpin oleh berbagai live streamer, 400 eksekutif perusahaan dan 300 selebriti, sesi livestreaming individual juga akan diadakan.

Platform Taobao Live akan menawarkan berbagai jenis sesi mulai dari kosmetik, elektronik, mobil, dan properti.