Find Us On Social Media :

XL Axiata Adopsi SAP S/4HANA Cloud untuk Dukung Transformasi Digital

By Rafki Fachrizal, Jumat, 23 Oktober 2020 | 16:15 WIB

Ilustrasi XL Axiata

Perusahaan telekomunikasi XL Axiata mengumumkan telah implementasikan solusi dari SAP yakni SAP S/4HANA Cloud.

Menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menggunakan SAP S/4HANA Cloud, implementasi tersebut merupakan bagian dari strategi transformasi digital perusahaan untuk menghadirkan operasional yang end-to-end.

“XL Axiata berhasil melakukan transformasi menjadi pemimpin dalam hal penyedia layanan digital dan data. Kami sangat percaya dan berkomitmen penuh terhadap transformasi digital sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan,” kata Yessie D. Yosetya, Director & Chief Information-Digital Officer XL Axiata.

“Dengan SAP S/4HANA Cloud, kami memiliki teknologi dari penyedia layanan ERP terbaik di dunia untuk membantu kami mentransfromasi proses bisnis kami di seluruh operasional. Keputusan untuk beralih ke cloud juga membuat kami bisa mempunyai keunggulan yang sangat besar di segmen pasar pra bayar yang sangat dinamis dan tumbuh pesat di Indonesia,” tambah dia.

Dengan transformasi digital, XL Axiata kembali memilih SAP untuk solusi ERP berbasis cloud dan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan secara end to end di mana saat perusahaan telah menggunakan layanan SAP untuk seluruh proses bisnis mulai dari order to cash, procure to pay, record to report dan hire to retire.

Selain itu, SAP S/4HANA Cloud juga terintegrasi dengan sistem manajemen inti di sekitarnya, seperti manajemen tower, sourcing, manajemen aset jaringan, dan billing.

Baca Juga: Inilah Saran SAP untuk Peruysahaan dalam Melewati Masa Sulit Pandemi

Keunggulan lainnya dari SAP S/4HANA Cloud adalah memberikan infrastruktur TI yang lebih sederhana dan efisien, yang mampu menyediakan source of truth tunggal bagi keuangan ataupun data perusahaan lainnya, membantu managemen untuk membuat keputusan yang lebih strategis lewat input dari dashboard keuangan yang memberikan wawasan secara realtime, yang pada akhirnya membuat XL Axiata lebih lincah dalam merespon pasar.

Selain itu, layanan cloud ini juga membantu XL Axiata untuk memenuhi peraturan International Financial Reporting Standards (IFRS) 16.

XL Axiata juga telah menggunakan solusi Line of Business (LoB) SAP Cloud lainnya seperti Success Factors untuk solusi operasional HR yang mencakup seluruh proses mulai dari hire hingga retire, dan SAP Concur untuk manajemen berbagai pengeluaran mulai dari perjalanan dinas hingga reimbursements – semuanya terintegrasi dengan SAP S/4HANA Cloud.

“Kami bangga bisa berkolaborasi dengan XL Axiata terkait journey transformasi digital mereka yang merupakan pelopor di industri ini,” kata Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia.

“Sebagai perusahaan telko pertama yang mengimplementasikan SAP S/4HANA Cloud tidak hanya di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara, menunjukkan bahwa manajemen XL Axiata memiliki visi jauh ke depan untuk memimpin kemajuan operasional mereka di kawasan. SAP S/4HANA Cloud akan membantu mereka beroperasi dengan lebih baik bersama pemimpin layanan ERP di dunia dan memiliki keunggulan kompetitif lewat teknologi-teknologi cerdas,” tambah Andreas.

Baca Juga: XL Axiata Luncurkan Live On di Indonesia, Ini Keunggulan Paket Datanya