Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Mengubah Smartphone Android dan iOS Jadi Webcam

By Adam Rizal, Sabtu, 24 Oktober 2020 | 13:30 WIB

Smartphone Jadi Webcam

Saat ini kebutuhan webcam terus meningkat selama pandemi virus Corona (Covid-19) baik untuk membantu mengamankan rumah atau memberikan pengalaman zoom yang lebih baik.

Alih-alih membeli webcam baru, pengguna dapat memanfaatkan atau menggunakan kembali perangkat yang ada supaya lebih menghemat biaya pengeluaran.

Ada beberapa perangkat seperti ponsel Android ataupun iOS tak terpakai yang bisa digunakan untuk membuat webcam.

Berikut cara mengubah smartphone menjadi webcam seperti dikutip The Verge:

1. Cara menggunakan ponsel Android sebagai webcam

Anda dapat menggunakan ponsel Android sebagai webcam dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang mengklaim dapat mengubah perangkat Android menjadi webcam, salah satunya adalah DroidCam yang menawarkan pengaturan termudah dengan hasil paling andal.

Cukup mengunduh dan menginstal DroidCam versi gratis dari Play Store. Aplikasi ini membutuhkan perangkat yang menjalankan Android 5.0 Lollipop atau perangkat lunak yang lebih baru.

Pengembang aplikasi, Dev47Apps, membuat klien desktop untuk Windows 10 dan Linux yang perlu diunduh ke komputer. Pastikan pengguna mengunduh versi 6.2. Setelah aplikasi Android diinstal, jalankan aplikasi di dekstop. Selama pemasangan, Anda harus mengizinkan aplikasi untuk memasang driver audio. Jika ragu, pengguna juga dapat mencentang kotak bertuliskan "Always trust software from DEV47 APPS".

Setelah aplikasi di dekstop berjalan, pengguna akan melihat opsi di dekat bagian atas jendela aplikasi yang memungkinkan menghubungkan perangkat secara nirkabel atau melalui USB.

Di bawah opsi tersebut, akan terlihat kotak di mana pengguna perlu memasukkan alamat IP perangkat Android. Pada titik ini, buka aplikasi DroidCam di ponsel. Ini akan menunjukkan alamat IP perangkat, lalu masukkan alamat IP pada dekstop dalam bidang Device IP.

Ada dua hal yang harus dilakukan sebelum pengguna menekan tombol Start di aplikasi dekstop. Pertama, pastikan kedua kotak untuk "video" dan "audio" dicentang. Jika hanya video yang dicentang, mikrofon ponsel tidak akan menangkap suara Anda.

Selanjutnya, klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas aplikasi Android untuk membuka pengaturan. Di sana, di bagian Kamera, Anda dapat memilih apakah akan menggunakan kamera depan atau belakang.