Find Us On Social Media :

Melirik Cara Tokopedia Membangun Platform Marketplace-nya di iOS & Web

By Rafki Fachrizal, Selasa, 27 Oktober 2020 | 18:15 WIB

Ilustrasi Para Nakama di Tokopedia

Bulan Oktober ini, tepatnya 20 Oktober 2020, Tokopedia kembali mengadakan START Summit Extension, konferensi teknologi virtual yang diadakan rutin sejak beberapa bulan lalu.

Dalam setiap gelarannya, konferensi ini mengangkat berbagai topik terkait inovasi teknologi yang telah berhasil dikembangkan perusahaan marketplace berlogo burung hantu berwarna hijau tersebut.

Pada START Summit Extension kali ini, tema yang dibahas yaitu “Tokopedia Front-End Journey: Democratizing Commerce through Web & Native Platform” dan menghadirkan empat orang pembicara yang merupakan para Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) di bidang teknologi.

Keempat Nakama tersebut di antaranya Samuel Edwin (Technical Architect – iOS), Tiara Freddy Andika (Principal Engineer – iOS), Dendi Sunardi (Engineering Manager – Web Platform), dan Irfan Maulana (Principal Engineer – Web Platfrom).

Presentasi yang dibawakan oleh keempat Nakama tersebut dibagi ke dalam dua sesi, yakni iOS UI Development at Scale dan Unlocking New Capabilities for The Web.

Baca Juga: Inilah Potensi 5G dalam Meningkatkan Kehidupan Kita pada Masa Depan

Membangun UI (User Interface) untuk iOS

Pada awal sesi presentasi, Samuel Edwin (Technical Architect – iOS) membagikan praktik dan pengalamannya soal membangun iOS dari sisi UI (User Interface) di Tokopedia, di mana untuk mendevelop UI, samuel memulainya dengan penjelasan dari sudut pandang teknikal, yaitu penggunaan UIKit dan Auto Layout.

Samuel membagikan pengalamannya dalam menggunakan Auto Layout, di mana Samuel tidak merekomendasikan untuk menggunakan UIStackView berlebihan pada layout yang sangat kompleks.

“Hal ini dapat berpengaruh terhadap mobile phone yang memiliki spesifikasi lama,” ucap Samuel.

Selanjutnya, menurut Samuel masalah lain dari penggunaan Auto Layout adalah perubahan versi OS yang tidak terduga, di mana Auto Layout memiliki perbedaan implementasi di setiap versi iOS dan penggunaan UICollectionViewCell yang kerap sulit diatur tingginya pada sebuah halaman.

Berdasarkan pengalamannya menggunakan Auto Layout, Samuel lantas membagikan solusi yang digunakan ke tim Tokopedia, yakni dengan mengadopsi Texture.

“Texture merupakan kerangka yang menggunakan UIKit, namun tidak menggunakan Auto Layout dan development-nya menggunakan full coding,” cetus Samuel.