Find Us On Social Media :

Universal Robots Tawarkan Belajar Programming Robot Online, Gratis!

By Liana Threestayanti, Rabu, 4 November 2020 | 12:15 WIB

Ilustrasi collaborative robots atau cobots Universal Robots.

Universal Robots (UR) melalui Universal Robots Academy menawarkan sembilan modul daring gratis untuk mempelajari programming collaborative robots (cobots).

Universal Robots mengundang mereka yang tertarik di bidang manufaktur dan robot untuk bergabung dalam program ini. Program ini juga dapat menjadi sumber daya gratis bagi bisnis untuk memahami dan mencoba cobot secara daring sebelum mereka membangun fasilitasnya sendiri. 

Permintaan akan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi di bidang ini terus tumbuh seiring adopsi cobot dan automasi yang terus berlangsung di banyak sektor industri. Pasar collaborative robots global diprediksi akan mencapai market size US$11,6 triliun sampai dengan tahun 2027

Tak mengherankan jika, retraining dan reskilling karyawan menjadi prioritas pelaku industri, terutama dalam menyambut era pasca pandemi. 

“Teknologi dan automasi terus bergerak maju bahkan secara eksponensial, di mana cobot makin mendapat perhatian karena Industry 4.0 yang mulai merasuki dan mentransformasi banyak perusahaan di dunia. Beberapa pekerjaan kognitif dan manual yang biasanya dilakukan oleh manusia kini diserahkan kepada mesin dan robot. Inilah yang mendorong pentingnya memiliki pekerja terampil yang menjalani pelatihan teknis yang tepat. Untuk memastikan bahwa semua karyawan bisa mengikuti kemajuan, para pemimpin industri harus segera menyusun inisiatif retraining dan reskilling," ucap Darrell Adams, Head of Southeast Asia & Oceania, Universal Robots.

Universal Robots melalui Universal Robots Academy menyediakan pelatihan automasi dan UR cobot. Namun karena  COVID-19,  in-class training saat ini diganti dengan kursus daring interaktif tak berbayar, dalam format pelatihan daring, webinar, dan tutorial melalui video.

Online Training - Belajar programming robiot dalam waktu kurang dari dua jam 

Modul-modul interaktif dalam program pelatihan ini dirancang untuk menghadirkan hands-on learning melalui simulasi agar interaksi dengan user lebih maksimal. 

“Membuat kurikulum pelatihan robot memang tidak biasa di industri apalagi yang gratis. Namun ini menjadi investasi jangka panjang bagi kami. Kami ingin meningkatkan literasi robot, dan alasan untuk mempercepat masuknya cobot bukan hanya untuk mengoptimalkan produksi," ujar  Darrell Adams. Menurut Darrell, sektor industri manufaktur dihantui kesenjangan skill. "Oleh karena itu, memfasilitasi terciptanya pengetahuan dan akses ke robot adalah langkah penting," imbuhnya.  

Modul pelatihan daring ini tersedia dalam 16 bahasa, di antaranya bahasa Inggris, China, Thailand, Jepang, dan Korea. Program ini terdiri dari modul e-learning yang berisi pelatihan programming dasar untuk membuat UR cobot dalam 2 jam. Pelatihan ini mencakup konfigurasi end-effectors, mengkoneksikan I/Os (inputs dan outputs), membuat basic program, juga cara mengaplikasikan fitur-fitur keamanan pada aplikasi. 

Sembilan modul tersebut mencakup: 

1.First Look: Features and Terminology