Find Us On Social Media :

Alasan Microsoft Ingin Hilangkan Menu Control Panel di OS Windows 10

By Adam Rizal, Senin, 9 November 2020 | 13:00 WIB

Ilustrasi Windows 10

Sistem operasi (OS) Windows memiliki Control Panel sebagai pusat pengaturan semua komponen komputer. Dalam Windows 10, Control Panel pun ada berdampingan dengan aplikasi Settings.

Namun, saat ini Microsoft akan menghapus kehadiran Control Panel pada Windows secara perlahan melalui update Windows 10 versi Oktober 2020. Harapannya, Microsoft ingin pengguna lebih banyak menggunakan Settings daripada mengatur segala sesuatu lewat Control Panel.

Dalam update terbaru, pengguna tidak bisa mengakses menu System di Control Panel. Ketika ikon System di-klik, yang terbuka justru aplikasi Settings. Redirect tersebut terjadi karena Microsoft memang menambah flag untuk mengalihkan pengguna ke laman About di dalam aplikasi Settings > System.

Selain itu, Microsoft turut memblokir akses Control Panel dari menu Properties di Windows Explorer dan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang menyediakan shortcut ke Control Panel seperti dikutip Tech Radar.

Baca Juga: Sambut 2021, Xiaomi Berburu 5.000 Engineer Teknologi di Tengah Pandemi

Dalam Windows 10 versi preview build, kabarnya menu Program and Features yang berada di bawah Control Panel juga akan dialihkan ke menu Apps and Features di Settings.

Menu Settings sendiri sebenarnya menyediakan fungsi yang serupa dengan Control Panel. Hanya saja tampilannya berbeda, yakni berupa daftar (list), bukan tabel seperti Control Panel.

Karena itu, Microsoft mungkin ingin menghilangkan Control Panel supaya fungsinya tidak bertumpuk dengan aplikasi Settings.

Tanda-tanda Control Panel akan dihapus sebenarnya sudah tercium setidaknya sejak Maret lalu. Ketika itu, Control Panel disembunyikan di OS Windows 10 versi insider untuk keperluan pengujian.

Masih belum diketahui kapan Control Panel akan benar-benar dihilangkan dari Windows.

Baca Juga: Kamera Full Frame Teringan di Dunia Sony A7C Bakal Masuk Indonesia