Find Us On Social Media :

Inilah 5 Tren Teknologi yang Harus Diperhatikan Bisnis di Tahun 2021

By Rafki Fachrizal, Rabu, 11 November 2020 | 15:15 WIB

Ilustrasi Teknologi

Sepanjang tahun 2020 yang hampir berlalu, seluruh masyarakat dunia terkena dampak dari pandemi COVID-19.

Berbagai sektor bisnis pun ‘dipaksa’ beradaptasi dengan perubahan perkembangan dan perilaku tren teknologi yang terjadi.

Para pelaku bisnis dituntut harus peka dan mampu melakukan introspeksi diri, sehingga mampu mendeteksi posisinya di tengah kondisi saat ini.

Hal inilah yang mendorong perusahaan penyedia solusi teknologi NTT Ltd. merilis e-book terbarunya yang memprediksi tren teknologi yang harus diperhatikan bisnis di tahun 2021 dan tahun-tahun mendatang. 

NTT memprediksikan lima tren teknologi penting di tahun 2021 yang menarik dan menjanjikan untuk membantu mewujudkan kesejahteraan dan keamanan bisnis, mendukung pertumbuhan berkelanjutan, dan mengurangi beban pada lingkungan.

“Dalam waktu dekat, kelima tren ini juga akan mendorong kebutuhan akan transformasi digital karena hal ini memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan dan karyawan yang superior, lebih terhubung, mulus dan positif bagi pertumbuhan revenue perusahaan, dan berkelanjutan usaha,” tulis keterangan dari NTT yang diterima InfoKomputer.

Lebih lanjut, berikut kelima tren teknologi tersebut:

1. All-photonics networks (APN) akan memperkuat komunikasi global

Jaringan APN melibatkan penggunaan kabel optik dan hibrida. Jaringan ini memungkinkan terjadinya transmisi informasi end-to-end antara terminal dan server.

Jaringan tersebut mampu mentransfer volume lalu-lintas data yang besar sambil menjaga kualitas tetap tinggi dan latensi rendah.

Yang paling penting, jaringan APN akan memungkinkan kita agar dapat mengoperasikan lingkungan komunikasi yang lebih ramah lingkungan.

Penggunaannya sangat hemat daya sehingga berpotensi  menyediakan layanan komunikasi informasi yang hanya menggunakan 1/100 konsumsi daya yang dibutuhkan oleh jaringan saat ini.

Kapasitas transmisi bahkan dapat ditingkatkan hingga anda dapat mengunduh 10.000 film berdurasi 2 jam, dalam sepersekian detik.