Find Us On Social Media :

Bukan Komputer PC, Mayoritas Pengguna Internetan Pakai Smartphone

By Adam Rizal, Rabu, 11 November 2020 | 16:30 WIB

Operator telekomunikasi seluler 3 Indonesia bekerja sama dengan Kemenag RI dalam mendukung pembelajaran jarak jauh pada KSKK Madrasah.

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan mayoritas pengguna internet di Indonesia tidak pernah internetan menggunakan komputer PC melainkan smartphone.

Survei APJII itu menunjukkan bahwa 73,2 persen responden tidak pernah menggunakan komputer PC untuk berinternet. Sementara ada 63,1 persen responden tak pernah mengakses internet dari laptop.

Sebaliknya ada 95,4 persen pengguna internet di Indonesia yang mengakses dunia maya melalui smartphone. Sebanyak 97,1 persen menggunakan paket data atau kuota dari operator seluler untuk terhubung ke Internet, sedangkan hanya sedikit yang menggunakan fixed broadband.

"Ini tantangan kita bagaimana meninggikan atau meningkatkan fixed broadband ke depannya, bersama-sama dengan pemerintah tentu saja APJII siap bekerja sama untuk melakukan hal tersebut," kata Sekretaris Jenderal APJII, Henri Kasyfi.

Pengguna Internet

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan pengguna internet di Indonesia hampir menyentuh angka 200 juta pengguna pada periode 2019-kuartal II 2020. Pada kuatal II ini, jumlah pengguna Indonesia mencapai 196,7 juta pengguna, naik menjadi 73,7 persen dari total populasi Indonesia yang tercatat mencapai 266,9 juta.

Jamalul Izza (Ketua Umum APJII) mengatakan, kenaikan jumlah pengguna internet di Indonesia disebabkan oleh infrastruktur internet cepat atau broadband di Indonesia yang semakin merata dengan adanya Palapa Ring dan transformasi digital semakin masif berkat kebijakan bekerja dan belajar dari rumah sejak pandemi Covid-19.

"Kenaikan itu juga didorong program-program APJII seperti Desa Internet Mandiri yang didukung oleh sekitar 500 anggota Asosiasi," ujar Jamal melalui keterangan tertulis yang diterima.

Survei yang bekerja sama dengan Indonesia Survey Center (ISC) ini menyebut ada kenaikan 8,9 persen atau setara 25,5 juta pengguna di medio tahun ini. Pengguna di Pulai Jawa masih menjadi kontributor terbesar terhadap jumlah pengguna internet dengan persentase 56,4 persen, disusul Pulau Sumatera dengan 22,1 persen, Pulai Sulawesi 7 persen, Pulai Kalimantan 6,3 persen, Bali-Nusa Tenggara 5,2 persen, dan Maluku-Papua 3 persen.

Kontribusi pengguna yang tinggal di Pulau Jawa naik menjadi 56,4 persen dari 55,7 persen di tahun sebelumnya. Karena pembangunan infrastruktur internet di Jawa terus berkembang sehingga penggunanya juga bertumbuh.

Beberapa ibukota provinsi memiliki penetrasi internet lebih tinggi dibandingkan penetrasi provinsi bahkan nasional yang rerata 73,7 persen. Misalnya, DKI Jakarta 85 persen, Bandung 82,5 persen, dan Surabayar 83 persen.

Bahkan, penetrasi di Serang tembus hingga 100 persen. Sementara itu, jumlah pengguna smartphone di Indonesia menurut data APJII mencapai 95,4 persen. Pengguna laptop atau tablet hanya 19,7 persen, dan PC 9,5 persen. Sisanya mengakses internet menggunakan WiFi yang dipasang di rumah, kantor, cafe, atau ruang publik.