Find Us On Social Media :

Apa saja Fitur-fitur Terbaru Sistem Operasi MacOS Big Sur?

By Adam Rizal, Jumat, 13 November 2020 | 15:00 WIB

macOS Big Sur

Sistem operasi terbaru Apple untuk perangkat Mac, Big Sur sudah bisa diunduh mulai 12 November.

Hal ini dikonfirmasi oleh Apple dalam sebuah acara virtual bertajuk "One More Thing" yang juga memperkenalkan deretan Macbook Air dan Pro teranyar yang dibekali chip terbaru Apple M1.

"MacOS Big Sur bakal dirilis (ke publik) pada Kamis (12 November) ini," ujar VP Hardware Enginering Apple, John Ternus.

Big Sur sendiri menjadi sistem operasi pertama Mac dengan chipset berbasis ARM. Sepintas, sistem operasi ini memiliki tampilan yang mirip dengan antarmuka (interface) iOS dan iPadOS. Sistem operasi ini juga sudah dirilis dalam versi Public Beta pada Agustus lalu.

Perlu diingat bahwa Indonesia dan Amerika Serikat memiliki selisih waktu 12 jam. Sehingga apabila Big Sur mulai dirilis pada Kamis pukul 00.00 waktu AS, maka kemungkinan sistem operasi ini bisa diunduh.

Fitur di macOS Big Sur

Big Sur membawa perubahan yang siginifikan dibanding Catalina. Desain ikon aneka aplikasi yang terpasang, misalnya, kini berbentuk persegi dengan sudut membulat, lengkap dengan sentuhan sedikit bayangan yang mengesankan bentuk 3D.

Fitur widget yang hadir di iOS dan iPadOS 14 juga kini dibawa ke layar Mac. Widget ini bisa menghiasi layar utama (desktop) perangkat dan memuat beragam informasi harian, seperti cuaca, waktu, kalender, dan lain sebagainya.

Selain desain, Apple juga memperbarui aplikasi yang tersedia di macOS Big Sur. Aplikasi Messages, misalnya, kini dilengkapi dengan stiker memoji baru, serta efek dan fitur pesan yang bisa disematkan dan dihubungkan antar perangkat.

Aplikasi Maps juga mendapatkan pemolesan desain dan beberapa fitur baru seperti dukungan peta di dalam ruangan, panduan perjalanan, hingga lokasi favorit yang sering dikunjungi.

Tak ketinggalan, aplikasi peramban (browser) Safari juga turut dibekali fitur baru yang bisa memantau kata sandi (password) yang disimpan oleh pengguna. Ada pula fitur Privacy Report untuk mengetahui apa saja data yang diambil oleh situs yang dikunjungi.

Selain itu, Apple juga memperbarui kemudahan akses ke fitur Control Center yang kini bisa ditampilkan dengan menekan tombol dropdown yang terletak di sisi kanan atas layar.